IHSG Kembali Terkoreksi, Terpengaruh Sidang Pilpres?

Image title
14 Juni 2019, 13:54
IHSG hari ini, sidang Pilpres MK
ANTARA FOTO/SIGID KURNIAWAN
Karyawan melintas di depan layar pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG), Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Senin (10/6/2019).

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) kembali terkoreksi pada perdagangan Jumat (14/6). Indeks sempat dibuka menguat sebelum jatuh ke zona merah. Penurunan indeks terjadi saat berlangsungnya sidang perdana sengketa Pilpres 2019 di Mahkamah Konstitusi. Lantas, apakah ini menjadi faktor penekan?

IHSG ditutup di level 6.250 pada perdagangan sesi pertama Jumat ini, turun 0,36% dibandingkan posisi penutupan sehari sebelumnya. Meski begitu, berdasarkan data RTI, investor asing membukukan pembelian bersih, meskipun tipis hanya Rp 35,39 miliar.

Sebanyak delapan dari 10 indeks sektoral mengalami penurunan. Penurunan terbesar pada sektor aneka industri yaitu 0,86%, diikuti konsumer dan manufaktur masing-masing 0,82%. Sedangkan dua indeks sektoral yang naik yaitu pertanian dan infrastruktur masing-masing 0,19% dan 0,36%.

(Baca: Katadata Market Index: IHSG pada Juni Bearish Imbas Perang Dagang)

Analis Panin Sekuritas William Hartanto menilai sidang sengketa Pilpres 2019 tidak begitu berpengaruh pada laju IHSG karena baru yang pertama. Putusan sidang baru akan dibacakan pada 28 Juni mendatang. "Hasilnya yang paling ditunggu," kata dia kepada katadata.co.id, Jumat (14/6).

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...