Instagram Perbarui Fitur Guna Permudah Pemulihan Akun yang Diretas

Desy Setyowati
18 Juni 2019, 12:41
Instagram Akun yang Diretas
alexey malkin|123RF.com
Ikon aplikasi Instagram pada close-up layar iPhone Apple.

Perusahaan pengembang platform media sosial, Instagram, memperbarui beberapa fitur yang berfungsi untuk mengamankan akun yang diretas. Instagram juga mengembangkan serangkaian fitur untuk mencegah terjadinya peretasan (hacking).

Peretasan dan lupa sandi merupakan persoalan yang sering dialami pengguna Instagram. “Kami mengamati saat seseorang kehilangan nama akun karena diretas atau menggantinya secara sengaja, nama akun lama dapat diambil alih orang lain dalam waktu yang singkat,” demikian dikutip dari siaran resmi Instagram, Selasa (18/6).

(Baca: Instagram Kaji Penyebab Kebocoran Jutaan Data Influencer)

Karena itu, Instagram mengkaji cara untuk memastikan akun pengguna tetap aman selama beberapa waktu setelah terganti secara tidak sengaja. Dengan begitu, jika kehilangan akses, akun lama pengguna tidak dapat diambil alih oleh orang lain.

Instagram pun memperbarui fitur respons terkait pengguna yang kesulitan masuk ke akun. Biasanya, pengguna harus mengetuk opsi bantuan jika tidak bisa masuk ke akun Instagram. Melalui pembaruan ini, Instagram otomatis menyediakan opsi bantuan.

Bantuan otomatis yang diberikan adalah tautan untuk membuka halaman ‘lupa kata sandi?’. Pada halaman itu akan muncul opsi ‘masalah login?’. Instagram kemudian akan meminta pengguna untuk memasukkan beberapa informasi personal, seperti alamat email dan nomor telepon yang terasosiasi dengan akun mereka.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...