KPU Meragukan Keterangan Saksi Prabowo-Sandiaga

Dimas Jarot Bayu
20 Juni 2019, 20:01
Tim Kuasa Hukum Prabowo-Sandiaga, KPU, Hasyim, MK
Ajeng Dinar Ulfiana | KATADATA
Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU), Hasyim Ashari dalam sidang sengketa pilpres di Gedung Mahkamah Konstitusi, Jalan Medan Merdeka Barat, Kamis (20/6).

Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Hasyim Asyari meragukan kualitas saksi Tim Kuasa Hukum Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, Beti Kristina pada sidang sengketa Pilpres 2019 di Mahkamah Konstitusi (MK).

Keraguan Hasyim didasarkan atas keterangan yang dipaparkan Beti ia nilai tidak konsisten. Inkonsistensi keterangan Beti terlihat dari penjelasannya terkait alamat tempat tinggal, yang menurut pengakuannya bertempat tinggal di Kecamatan Teras, Kabupaten Boyolali.

"Padahal, alamat tempat tinggal Beti yang tertera di KTP-nya bukanlah di wilayah tersebut. Kami cek KTP-nya orang Semarang,” kata Hasyim di gedung MK, Jakarta, Kamis (20/6).

Inkonsistensi juga terlihat dari keterangan Beti yang awalnya menyatakan tidak menggunakan kendaraan ketika pergi ke Kecamatan Juwangi, Kabupaten Boyolali. Karenanya, Beti saat itu mengaku tak membawa banyak tumpukan amplop formulir C1 yang ditemukannya.

Namun saat dikonfirmasi kembali, Beti mengaku dirinya pergi ke Kecamatan Juwangi dengan menggunakan mobil. Dia pergi bersama ketiga orang lainnya bernama Hanafi, Soeparno, dan Susi.

“Begitu keterangan yang agak terakhir kan ngomong. Datang kesana bawa mobil,” kata Hasyim.

Hasyim pun bingung dengan tindakan Beti yang tiba-tiba mengeluarkan amplop formulir C1 untuk diserahkan ke majelis hakim MK. Padahal, Beti sebelumnya menyebut amplop yang ditemukannya telah diserahkan kepada Sekretariat Nasional (Seknas) Prabowo-Sandiaga di Boyolali.

(Baca: KPU Sebut Amplop Form C1 Temuan Saksi Prabowo Tak Pernah Digunakan)

Halaman:
Reporter: Dimas Jarot Bayu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...