HUT DKI Jakarta ke-492, Anies Pamer Prestasi Berbagai Layanan Kota

Rizky Alika
22 Juni 2019, 15:24
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan berjalan menuju mimbar sebelum menyampaikan pidato dihadapan tamu undangan rapat Paripurna Istimewa di ruang Rapat Paripurna DPRD DKI Jakarta, Sabtu (22/6/2019). Rapat Paripurna Istimewa DPRD Provinsi DKI Jakarta terseb
ANTARA FOTO/Nova Wahyudi
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan berjalan menuju mimbar sebelum menyampaikan pidato dihadapan tamu undangan rapat Paripurna Istimewa di ruang Rapat Paripurna DPRD DKI Jakarta, Sabtu (22/6/2019). Rapat Paripurna Istimewa DPRD Provinsi DKI Jakarta tersebut digelar dalam rangka memperingati HUT ke-492 DKI Jakarta.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memaparkan berbagai capaian yang  diperoleh Pemprov DKI Jakarta setahun terakhir. Hal tersebut diungkapkannya dalam Rapat Paripurna DPRD DKI yang bertepatan dengan Hari Ulang Tahun (HUT) Jakarta ke-492 siang tadi. 

Dalam pidatonya, Anies memerkan beberapa penghargaan, seperti penyerahan laporan harta kekayaan penyelanggara Negara (LHKPN) dengan sistem pengendalian terbaik. “KPK memberikan tiga penghargaan pelaporan kekayaan negara terbaik 2018,” kata dia di Balai Kota, Sabtu (22/6).

Dia menjelaskan Jakarta mendapatkan penghargaan dengan nilai gratifikasi terbesar yang ditetapkan menjadi milik negara pada 2018. Selain itu, Jakarta dinobatkan sebagai pemerintah daerah (pemda) dengan sistem pengendalian gratifikasi terbaik 2018.

(Baca: Anies Bicara Masalah Kesetaraan dalam Pidato HUT DKI Jakarta)

Selanjutnya, ada juga penghargaan inovasi dalam layanan publik dari Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB). “Ini menunjukkan layanan publik yang sangat baik dan prima,” ujarnya.

Di luar itu, Jakarta memasuki top 40 dalam inovasi layanan publik 2018. Beberapa program inovasi yang dilakukan Pemprov DKI di antaranya yakni pengecekan kanker serviks, mobil pemeriksaan kanker hibiscus, serta Sipil Doyan Jalan (Sistem Pilih Dokter dan Waktu Pelayanan Pasien Rawat Jalan dan Peserta JKN-KIS).

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Editor: Ekarina
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...