Potensi Ekonomi Kreatif, Bekraf Bakal Bawa Modal Ventura ke Daerah

Michael Reily
24 Juni 2019, 18:28
Bekraf, modal ventura, startup
www.gameprime.org
Ilustrasi startup permainan. Bekraf akan membuat program untuk membawa modal ventura ke daerah, salah satunya ke Malang Jawa Timur untuk mengembangkan subsektor aplikasi dan permainan disana.

Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) menyatakan bakal membuat program untuk membawa perusahaan modal ventura ke daerah. Sebab, banyak pelaku usaha ekonomi kreatif di daerah yang butuh tambahan modal untuk meningkatkan kualitas industri.

Kepala Bekraf Triawan Munaf menyatakan, pengembangan usaha ekonomi kreatif di daerah sebenarnya tidak memerlukan biaya yang tinggi. "Modal ventura bisa membantu pelaku usaha kreatif untuk mulai bikin program dalam level pembibitan supaya startup bisa tetap hidup," kata Triawan di Jakarta, Senin (24/6).

Advertisement

Dia mencontohkan, pengembangan subsektor aplikasi dan permainan di Kota Malang, Jawa Timur. Menurutnya, para pelaku digital bisa berkembang lebih cepat jika ekosistem inovator, pembuat tren, sampai pendorong industri tersedia.

Triawan mengungkapkan, pengembangan komunitas sangat penting. "Anak-anak muda di daerah perlu dorongan dari pemerintah, sehingga tidak ada kekhawatiran antara komunitas dan pemerintah," ujarnya.

(Baca: Bekraf Siapkan Dana Bantuan Pendirian Badan Hukum 150 Startup)

Halaman:
Reporter: Michael Reily
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement