Bentuk Tim Kerja, Target Perdagangan Indonesia-Argentina Naik 100%

Rizky Alika
26 Juni 2019, 14:18
perdagangan Indonesia dan Argentina, perjanjian kerja sama Indonesia-Argentina
Arief Kamaludin|KATADATA
Menteri Perdagangan Republik Indonesia Enggartiasto Lukita dan Menteri Produksi dan Tenaga Kerja Republik Argentina Dante Enrique Sica sepakat untuk meningkatkan perdagangan dua kali lipat dari capaian 2018 pada 2021.

Indonesia dan Argentina akan membentuk tim kerja untuk meningkatkan perdagangan kedua negara. Menteri Perdagangan Republik Indonesia Enggartiasto Lukita dan Menteri Produksi dan Tenaga Kerja Republik Argentina Dante Enrique Sica sepakat untuk meningkatkan perdagangan dua kali lipat atau 100% dari capaian 2018 pada 2021. 

Nilai perdagangaan kedua negara pada 2018 sebesar US$ 1,7 miliar. Artinya, perdagangan pada 2021 diharapkan mencapai senilai US$ 3,4 miliar. "Indonesia dan Argentina sependapat bahwa dengan potensi kedua negara yang besar, nilai perdagangan keduanya saat ini masih terlalu rendah," kata Enggar seperti dalam siaran pers yang diterima Katadata.co.id, Rabu (26/6).

Kesepakatan ini dicapai pada pertemuan bilateral kedua menteri yang berlangsung pada 14 Mei lalu di Buenos Aires, Argentina.  Menurut Airlangga, pemerintah Buenos Aires merespons positif usulan untuk meningkatkan hubungan perdagangan bilateral. Selain itu, kedua negara merupakan hub pasar regional baik di ASEAN maupun Mercosur--organisasi negara-negara Amerika Selatan-- yang belum tergarap potensinya.

Airlangga juga menilai, penguatan kerja sama perdagangan dan investasi menjadi penting di tengah ketidakpastian ekonomi global tahun ini yang diperkirakan berlanjut hingga tahun depan.

Tim kerja itu nantinya akan mengidentifikasi cara-cara untuk meningkatkan perdagangan secara lebih seimbang bagi Indonesia. Selain itu, tim kerja akan mempelajari kemungkinan perjanjian antara Indonesia dengan Argentina maupun dengan Mercosur.

(Baca: Imbas Perang Dagang, Pemerintah Siapkan 12 Perjanjian Dagang Bilateral)

Sementara itu, Dante Sica menyampaikan Argentina dan Indonesia berada dalam kerangka kerja yang sama. Ia juga menyampaikan tim kerja kedua negara akan mengecek potensi produk perdagangan yang bisa ditingkatkan. 

Selain itu, kedua negara membahas potensi kerja sama di sektor industri serta kemungkinan dilakukannya imbal dagang. "Industri kereta api dan pesawat terbang, serta infrastruktur merupakan industri strategis," ujar Enggar.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Editor: Sorta Tobing
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...