Besok, PA 212 Berencana Gelar Aksi Kawal Putusan Sidang MK

Image title
26 Juni 2019, 20:16
Unjuk rasa di putusan sidang sengketa Pilpres 2019, Mahkamah Konstitusi, sidang putusan Pilpres 2019
Katadata/Fahmi Ramadhan
Massa yang mengatasnamakan Gerakan Kedaulatan Rakyat untuk Keadilan Kemanusiaan menggelar aksi di sekitar patung kuda Arjuna Wiwaha, Jakarta Pusat, pada hari ini (26/6). Mereka berencana menggelar aksi serupa besok (27/6).

Koordinator aksi yang mengatasnamakan Gerakan Kedaulatan Rakyat untuk Keadilan Kemanusiaan, Abdullah Hehamahua mengatakan, massa akan kembali berunjuk rasa besok (27/6) mulai pukul 08.00 WIB. Unjuk rasa itu bertepatan dengan putusan sidang sengketa Pilpres 2019 di Mahkamah Konstitusi (MK).

Ratusan massa menggelar aksi di sekitar patung kuda Arjuna Wiwaha, Jakarta Pusat, pada Rabu (26/6). “Aksi hari ini bukan yang terakhir karena besok adalah akhir proses di MK," kata Abdullah dalam orasinya dari atas mobil komando.

Gerakan Kedaulatan Rakyat sudah menyerahkan surat pemberitahuan untuk menggelar aksi besok kepada kepolisian di Polda Metro Jaya. Dia pun sudah mengimbau massa yang tergabung dalam Persaudaraan Alumni (PA) 212 untuk menyebarkan informasi aksi ini melalui jejaring sosial seperti WhatsApp, Facebook, Instagram, dan Telegram.

(Baca: Massa di Sekitar Gedung MK Sempat Bersitegang dengan Polisi)

Hal senada disampaikan oleh Wakil Koordinator aksi Gerakan Kedaulatan Rakyat untuk Keadilan Kemanusiaan, Asep Syarifudin. Ia berharap ada lebih banyak massa yang ikut serta dalam unjuk rasa besok. “Kami kumpul minimal satu juta orang,” kata dia disambut suara takbir dari massa lainnya.

Asep meminta agar kepolisian tidak menghalangi aksi tersebut. Sebab, unjuk rasa itu bertujuan untuk mengawal putusan MK. Ia berharap, hakim MK membuat keputusan secara adil.

Halaman:
Reporter: Fahmi Ramadhan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...