Pengemudi Ojek Online Antusias Belajar Keuangan dan Investasi Obligasi

Pingit Aria
27 Juni 2019, 01:00
Gojek menggandeng Jouska Indonesia untuk memberikan pelatihan pengelolaan keuangan khusus mitra driver di Jakarta, Rabu (26/6). Pelatihan serupa juga digelar di Bandung, Surabaya, Medan, dan Makassar.
Gojek
Gojek menggandeng Jouska Indonesia untuk memberikan pelatihan pengelolaan keuangan khusus mitra driver di Jakarta, Rabu (26/6). Pelatihan serupa juga digelar di Bandung, Surabaya, Medan, dan Makassar.

Keterampilan mengelola keuangan idealnya tak hanya dikuasai oleh mereka yang berpenghasilan tinggi. Justru, lapisan masyarakat dengan penghasilan pas-pasan seperti pengemudi ojek online harus lebih ketat mengelola keuangannya. Dengan begitu, mereka dapat memenuhi kebutuhan dengan baik dan terhindar dari ‘bencana’ keuangan.

“Dengan penghasilan ojek online, jika dikelola dengan baik, bukan tak mungkin asetnya bisa melebihi pegawai kantoran,” kata Farah Dini Novita, CO-CEO Jouska Indonesia dalam pelatihan pengelolaan keuangan bagi mitra Gojek di Jakarta, Rabu (26/6).

Ia pun membagikan tips pengelolaan keuangan bagi pengemudi ojek online yang penghasilan hariannya tak tetap. Pertama, catat seluruh pengeluaran, dari mulai belanja kebutuhan pokok, kebutuhan anak, hingga cicilan.

Setelah mengetahui jumlah pengeluaran, pengemudi tersebut dapat menentukan target pendapatan yang harus dikejarnya.

(Baca juga: Mitra Pengemudi Dukung Diskon Ojek Online Ditentukan Mekanisme Pasar)

Selain untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, Dini juga menganjurkan mitra pengemudi untuk memiliki asuransi jiwa dan kesehatan. Dengan begitu, jika sang pengemudi atau keluarganya sakit, arus kas akan tetap terjaga.

Jika terpaksa berutang, Dini menganjurkan agar menggunakan jasa lembaga keuangan resmi, seperti bank. Dengan begitu, mereka akan terhindar dari jerat bunga tinggi rentenir. Selain itu, cicilan utang hendaknya tak lebih dari 30% penghasilan.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...