Jelang Putusan MK, Saham Erick Thohir Naik & Milik Sandiaga Turun

Image title
27 Juni 2019, 19:56
saham saratoga, mahaka, sidang putusan sengketa pilpres 2019
Ajeng Dinar Ulfiana | KATADATA
Suasana Bursa Efek Indonesia. Saham PT Saratoga Investama Sedaya Tbk yang terafiliasi dengan cawapres 02 Sandiaga Uno, dan saham PT Mahaka Media Tbk yang terafiliasi dengan ketua tim kampanye 01 Erick Thohir, bergerak merespon sidang putusan sengketa pilpres 2019 Mahkamah Konstitusi hari ini, Kamis (27/6).

Pengumuman hasil sidang sengketa hasil Pilpres 2019 di Mahkamah Konstitusi (MK) digelar hari ini, Kamis (27/6) sejak siang tadi. Beberapa saham yang berkaitan dengan pasangan calon presiden, baik dari kubu 01 maupun 02, sedikit-banyak lajunya terpengaruh oleh sentimen ini.

Sebut saja PT Mahaka Media Tbk (ABBA) yang hari ini harganya naik hingga 27,45% atau sebanyak 42 poin menjadi berada di level Rp 195 per saham. Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) kubu 01, Erick Thohir, menduduki posisi Komisaris Utama perusahaan.

Selain itu, Erick Thohir juga menduduki kursi sebagai Komisaris Utama PT Beyond Media yang merupakan pemegang saham mayoritas Mahaka Media sebanyak 51,8% atau setara 1,42 miliar saham. "Tentu ada (pengaruh pengumuman sidang MK), karena ada tokoh politik di dalam (perusahaan)," kata Analis Panin Sekuritas William Hartanto kepada Katadata.co.id, Kamis (27/6).

Sementara, laju saham PT Saratoga Investama Sedaya Tbk (SRTG) pada perdagangan hari ini, terkoreksi sebesar 3,31% atau setara 120 poin menjadi berada di level Rp 3.510 per saham. Cawapres dari kubu 02, Sandiaga Uno, merupakan pemegang saham perusahaan dengan porsi saham sebesar 21,5% atau sebanyak 583 juta saham.

(Baca: Saratoga Bagikan Dividen, Sandiaga Uno Kantongi Rp 64 Miliar)

William mengungkapkan, pengaruh Sidang MK ini, bakal berpengaruh kepada perusahaan-perusahaan yang memiliki 'hubungan' dengan kedua kubu capres, hingga perdagangan pasar modal pekan depan.

Halaman:
Reporter: Ihya Ulum Aldin
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...