Sambut Kemenangan Jokowi di Sidang MK, Rupiah Malah Dibuka Melemah

Sorta Tobing
28 Juni 2019, 10:14
Jokowi menang sidang MK
Arief Kamaludin|KATADATA
Nilai tukar rupiah yang ditransaksikan antarbank di Jakarta pada Jumat pagi (28/6) bergerak melemah 5 poin atau 0,04 persen menjadi Rp14.145 per dolar AS.

Nilai tukar rupiah yang ditransaksikan antarbank di Jakarta pada Jumat pagi (28/6) bergerak melemah 5 poin atau 0,04 persen menjadi Rp14.145 per dolar AS. 

Menurut data Bloomberg, pergerakan rupiah di pasar spot masih cenderung turun. Hasil sidang putusan Mahkamah Konstitusi semalam ternyata tak mampu mendorong rupiah ke zona hijau. 

Advertisement

Majelis hakim MK dalam keputusanya, menolak seluruh dalil Tim Kuasa Hukum Prabowo Subianto-Sandiaga Uno. Ini artinya, Joko Widodo-Ma'ruf Amin memenangkan sidang itu dan terpilih secara resmi menjadi presiden dan wakil presiden RI. 

Di regional Asia, mata uang dolar Singapura juga turun 0,02% dan peso Filipina melemah 0,01%. Sementara, yen Jepang naik 0,19%, yuan Tiongkok positif 0,03%,  dolar Hong Kong dan ringgit Malaysia masing-masing 0,04%, dan bath Thailand naik 0,07&.

Pasar saat ini menanti hasil pertemuan Presiden AS Donald Trump dan Presiden Tiongkok Xi Jinping di sela Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Osaka, Jepang. Keduanya akan membahas perundingan dagang yang tak telah berlangsung sejak tahun lalu. Ekonomi dunia telah melambat karena dua raksasas ekonomi dunia itu tidak kunjung menemui kesepakatan. 

Tapi nampaknya sentimen pasar mulai positif setelah kemarin South China Morning Post menulis, Washington dan Beijing akan menemui kesepakatan yang akan mencegah kenaikan tarif produk Tiongkok senilai US$ 300 miliar. 

"Pergerakan pasar saat ini menunjukkan kekhawatiran yang mulai berkurang terhadap perang dagang AS-Tiongkok," kata Junichi Ishikawa, analis senior dari IG Securites, seperti dikutip dari Reuters

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement