Menang Pilpres 2019, Jokowi - Ma'ruf Ajak Masyarakat Kembali Bersatu

Penulis: Fahmi Ramadhan

Editor: Pingit Aria

30/6/2019, 19.56 WIB

Jokowi berharap Prabowo dan Sandiaga akan menghadiri pelantikannya sebagai Presiden pada Oktober 2019 mendatang.

Calon Presiden dan Wakil Presiden nomor urut 01 Joko Widodo (kiri) dan Ma\\\'ruf Amin (kanan) melambaikan tangan sebelum berangkat menuju Bandara Halim Perdanakusuma untuk memberikan keterangan pers terkait sidang putusan perselisihan hasil pemilihan umum
ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay
Calon Presiden dan Wakil Presiden nomor urut 01 Joko Widodo (kiri) dan Ma\'ruf Amin (kanan) melambaikan tangan sebelum berangkat menuju Bandara Halim Perdanakusuma untuk memberikan keterangan pers terkait sidang putusan perselisihan hasil pemilihan umum (PHPU) Pilpres 2019 di Jakarta, Kamis (27/6/2019).

Presiden terpilih Joko Widodo mengajak semua pihak untuk kembali bersatu. Hal itu dinyatakannya setelah Komisi Pemilihan Umum (KPU) menetapkan dirinya bersama Ma'ruf Amien sebagai Presiden dan Wakil Presiden terpilih, Minggu , (30/6).

Jokowi juga menyatakan bahwa untuk membangun negara sebesar Indonesia perlu adanya kerja sama dari semua elemen masyarakat, termasuk pendukung pasangan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno. "Jangan lagi ada 01 dan 02 , jangan sampai ada lagi antar tetangga tidak saling sapa, antar lawan tidak saling ngomong. Karena kita semua adalah saudara sebangsa dan setanah air," katanya.

Secara khusus, Jokowi juga menyebut bahwa Prabowo dan Sandiaga memiliki visi yang sama dengannya untuk mewujudkan kemajuan Indonesia. "Oleh karena itu saya mengajak Pak Prabowo Subianto dan Pak Sandiaga Uno untuk bersama sama membangun negeri ini," ujarnya.

(Baca juga: Koalisi 02 Berakhir, AHY Ucapkan Selamat pada Jokowi-Ma’ruf)

Warga solo yang akan menjabat kursi Presiden untuk kedua kalinya itu juga berjanji akan mengemban amanah rakyat untuk membawa Indonesia lebih maju dan bermartabat,  sejajar dengan negara - negara lain di dunia.

"Kami berdua akan berjuang sekuat tenaga, akan bekerja sekuat tenaga untuk melanjutkan fondasi yang telah kami bangun bersama Bapak Jusuf Kalla pada periode pertama pemerintahan," katanya.

Ketika ditanya soal kemungkinan untuk bertemu dengan pasangan Prabowo, Jokowi menyatakan bahwa hal itu masih perlu waktu. Namun, dirinya pun berharap Prabowo dan Sandiaga bisa hadir dalam acara pelantikan bulan Oktober 2019 mendatang.

"Saya dan Pak Kyai Ma'ruf Amien akan sangat berbahagia jika Pak Prabowo dan Pak Sandiaga datang dalam pelantikan yang akan datang," katanya.

Di tempat yang sama, cawapres terpilih , Ma'ruf Amien juga mengimbau masyarakat untuk melupakan pemilu dan melanjutkan hidup. "Yaitu bekerja untuk menghadirkan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia," tuturnya.

Reporter: Fahmi Ramadhan

Anda Belum Menyetujui Syarat & Ketentuan
Email sudah ada dalam sistem kami, silakan coba dengan email yang lainnya.
Alamat email Anda telah terdaftar
Terimakasih Anda Telah Subscribe Newsletter KATADATA
Maaf Telah terjadi kesalahan pada sistem kami. Silahkan coba beberapa saat lagi
Silahkan mengisi alamat email
Silahkan mengisi alamat email dengan benar
Masukkan kode pengaman dengan benar
Silahkan mengisi captcha

Video Pilihan