Medco Jual 49% Saham Anak Usahanya ke Perusahaan Panas Bumi

Image title
3 Juli 2019, 17:56
Medco Energi
Arief Kamaludin|KATADATA
Medco Energi

PT Medco Power Indonesia (MPI) telah menandatangani perjanjian penjualan 49% saham PT Medco Cahaya Geothermal (MCG) ke PT Ormal Geothermal Power. Penjualan saham ke Ormat merupakan upaya Medco untuk mengembangkan Pembangkit Listrik Panas Bumi (PLTP).

Direktur Utama Medco Power Indonesia Eka Satria mengatakan, pelepasan sahamnya itu merupakan kemitraan strategis berkelanjutan. Karena sebelumnya Ormat dan Medco telah berhasil mengembangkan PLTP Sarulla di Sumatera Utara, dengan kapasitas 33o Megawatt (MW).

Kini, sisa saham MPI di MCG sebesar 51%. "Saya yakin bahwa kerjasama antara kedua perusahaan akan memberikan nilai bagi pemegang saham, serta mendukung kelistrikan di sektor energi terbarukan," kata Eka pada keterangan tertulis, Rabu (3/7).

Saat ini, Medco sedang mengembangkan PLTP Blawan Ijen, di Jawa Timur dengan kapasitas 110 MW. Sebelumnya Medco Power telah memiliki perjanjian jual beli tenaga listrik dengan PT Perusahaan Listrik Negara (PLN)(Persero) yang berlaku dalam jangka waktu 30 tahun kedepan.

(Baca: Kementerian ESDM: Opsi Lelang Blok Corridor Harus Sesuai Aturan)

Halaman:
Reporter: Fariha Sulmaihati
Editor: Pingit Aria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...