Perkuat Ekonomi Digital, Kominfo Jalin Kolaborasi dengan Arab Saudi

Cindy Mutia Annur
3 Juli 2019, 13:58
Kominfo kerja sama dengan Arab Saudi
Grab
Ilustrasi. Menteri Komunikasi Rudiantara menjalin kolaborasi dengan pemerintah Arab Saudi untuk memperkuat ekonomi digital kedua negara.

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) menjalin kolaborasi dengan pemerintah Arab Saudi di Riyadh, Rabu (3/7). Kolaborasi ini bertujuan untuk memperkuat ekonomi digital kedua negara.

Menteri Komunikasi Rudiantara mengatakan, kerja sama itu turut mendorong visi Indonesia untuk menjadi Energi Digital Asia pada tahun depan. Hal ini juga sebagai bentuk dukungan Indonesia pada pencapaian Visi 2030 Arab Saudi yang terus memperkuat pengembangan sektor industri non-minyak.

Menurut dia, kerja sama itu dapat mendorong investasi Arab Saudi pada sektor digital, khsususnya untuk pengembangan unicorn baru di Indonesia. "Manfaat lain dari kolaborasi digital ini juga dalam pertukaran informasi, pengalaman serta pengetahuan oleh ahli, dan Indonesia dapat melakukan penetrasi terhadap produk atau teknologi digital ke Arab Saudi," ujar Rudiantara dalam siaran pers, Rabu (3/7).

Kementerian akan menggandeng sebanyak mungkin wirausahawan muda, pelaku industri startup dan UKM terpilih untuk berpartisipasi dalam kerja sama tersebut selama  lima tahun ke depan.

Inisiasi kerja sama tersebut telah dilakukan sejak pertemuan G20 di Dussedorf, Jerman pada 2017 dan masih terus dibahas dalam sejumlah pertemuan. Ia mengatakan, pengalaman Indonesia dalam mendorong pertumbuhan industri digital ditandai dengan munculnya empat unicorn menarik perhatian Arab Saudi. 

(Baca: Bos Gojek: Teknologi Digital dapat Atasi Akses Pendidikan & Kesehatan)

Halaman:
Reporter: Cindy Mutia Annur
Editor: Sorta Tobing
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...