PKB Minta Jatah 10 Kursi Menteri, Nasdem Merasa Berhak Lebih Banyak

Image title
3 Juli 2019, 15:51
jatah menteri jokowi
ANTARA FOTO/Yudhi Mahatma
Sidang kabinet paripurna yang dipimpin oleh Presiden Joko Widodo di Kantor Presiden, Jakarta. Politikus Partai Nasional Demokrasi (Nasdem) Taufiqulhadi menyinggung pernyataan Ketua Umum Partai Keadilan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar yang mengusulkan jatah 10 kursi menteri pada kabinet Joko Widodo-Ma'ruf Amin.

Politikus Partai Nasional Demokrasi (Nasdem) Taufiqulhadi menyinggung pernyataan Ketua Umum Partai Keadilan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar yang mengusulkan jatah 10 kursi menteri pada kabinet Joko Widodo-Ma'ruf Amin. Taufiq menyebut partainya itu lebih pantas menerima jatah kursi lebih banyak ketimbang PKB karena perolehan suara yang dimiliki Nasdem di kursi DPR.

"Suara Nasdem kan lebih banyak dari PKB di DPR berdasarkan kursi. Maka sepantasnya Nasdem megusulkan 11," katanya sambil bercanda di Gedung DPR RI, Jakarta, Rabu, (3/7).

Advertisement

Taufiq mengungkapkan, jika apa yang dikatakan Cak Imin sapaan Muhaimin Iskandar tidaklah tepat untuk diungkapkan ke publik. Lebih tepat, menurut dia, hal seperti ini dikomunikasikan langsung kepada Presiden Jokowi. Pasalnya, keputusan jatah menteri merupakan hak prerogatif kepala negara.

Selain itu, ia melihat segala kemungkinan masih bisa terjadi. Bisa saja nantinya PKB justru mendapatkan 12 kursi. Namun ia kembali menekankan hal itu tidak perlu diungkapkan ke publik. "Kalau bicara soal kursi atau perolehan suara, kursi Nasdem lebih tinggi dari PKB di DPR," ujarnya.

(Baca: Koalisi Prabowo Bubar, PAN dan Demokrat Tak Buru-Buru Gabung Jokowi)

Halaman:
Reporter: Fahmi Ramadhan
Editor: Sorta Tobing
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement