Indosat Gunakan Fitur OS Android Permudah Kelola Paket Internet

Penulis: Cindy Mutia Annur

Editor: Happy Fajrian

4/7/2019, 14.54 WIB

Pengguna Indosat Ooredoo kini bisa mengecek dan membeli paket internet melalui fitur yang tertanam dalam sistem OS Android, Mobile Data Plan.

paket internet indosat
Arief Kamaludin | Katadata
Pengguna Indosat Ooredoo sekarang bisa mengontrol penggunaan kuota internetnya melalui fitur Mobile Data Plan (MDP) yang tertanam dalam ponsel dengan sistem operasi (OS) Android.

Operator seluler Indosat Ooredoo menggaet perusahaan teknologi Google untuk mempermudah pengguna dalam mengelola paket internetnya. Fitur layanan ini tertanam dalam sistem operasi (OS) Android.

Dengan fitur tersebut, pengguna Indosat kini dapat mengetahui informasi saldo, paket data, dan melakukan pembelian paket. Pengguna tak perlu mengunduh aplikasi tambahan karena sudah tersedia pada fitur mobile data plan (MDP) di ponsel Android.

Director & Chief Operating Officer Indosat Ooredoo Vikram Sinha mengatakan, perusahaannya ingin terus memberikan layanan yang maksimal melalui transformasi digital pada layanannya, salah satunya lewat kolaborasi bersama Google.

"Karena kami mengerti pelanggan sangat membutuhkan internet untuk kegiatan sehari-hari mereka, maka lewat fitur ini tentu akan mempermudah mereka dalam mengatur paket data mereka ke level selanjutnya," ujar Vikram saat ditemui di Jakarta, Rabu (3/7).

(Baca: Jaringan 4G Plus Indosat Ooredoo Jangkau 80% Populasi Indonesia)

Director Android and Play Partnership Southeast Asia & South Asia Google, Mahir Sahin pun optimistis kolaborasi dengan Indosat Ooredo dapat memberikan pengalaman terbaik di platfrom Android. Apalagi, menurut dia, banyak pengguna Indosat yang menggunakan OS Android.

Hanya saja dia enggan menjelaskan secara rinci mengenai total pengguna tersebut. "Intinya, kami sangat menyambut baik ide (kolaborasi) ini," ujar Mahir.

Lewat fitur MDP, pelanggan Indosat Ooredoo akan lebih mudah saat menggunakan media sosial, browsing, hingga streaming lagu atau video tanpa khawatir kuota internetnya habis.

Hal ini dikarenakan, layanan MDP ini sudah terintegrasi dengan application programming interface (API) yang memungkinkan pelanggan dapat mengontrol penggunaan kuota internetnya di OS Android.

(Baca: Lebaran 2019, Indosat Ooredoo Sukses Layani Pelanggan)

Adapun, cara mengaktifkan fitur layanan ini adalah dengan menekan ikon 'Pengaturan' pada ponsel Android, lalu memilih menu 'Google', dan memilih menu 'Paket Kuota' atau 'Mobile Data Plan'. Kemudian, MDP pelanggan pun sudah aktif dan dapat digunakan. Nantinya pengguna dapat melihat berapa banyak data yang sudah digunakan dan paket data yang tersedia.

Fitur layanan ini tersedia bagi pengguna prabayar dan pascabayar Indosat Ooredoo. Pembelian paket data melalui MDP dapat menggunakan pulsa bagi pelanggan prabayar, sedangkan pelanggan pascabayar akan ditagihkan pada tagihan bulanan pelanggan.

Sebelumnya, pengguna Indosat Ooredoo hanya bisa mengecek layanan paket data lewat opsi panggilan *123# dan aplikasi MyIM3 saja. Namun, kini pengguna dapat mengeceknya lewat OS Android melalui MDP.

Adapun, Indosat Ooredoo menawarkan promo berupa bonus kuota data utama sebesar 50 % untuk pembelian data melalui Mobile Data Plan yang hanya berlaku selama pada 3-16 Juli 2019.

(Baca: Patuhi Aturan, Empat Operator Batasi Akses ke Media Sosial)

Reporter: Cindy Mutia Annur

Anda Belum Menyetujui Syarat & Ketentuan
Email sudah ada dalam sistem kami, silakan coba dengan email yang lainnya.
Alamat email Anda telah terdaftar
Terimakasih Anda Telah Subscribe Newsletter KATADATA
Maaf Telah terjadi kesalahan pada sistem kami. Silahkan coba beberapa saat lagi
Silahkan mengisi alamat email
Silahkan mengisi alamat email dengan benar
Masukkan kode pengaman dengan benar
Silahkan mengisi captcha

VIDEO PILIHAN