Bappenas Sebut Pemindahan Ibu Kota Tak Pangkas Hutan Lindung

Agatha Olivia Victoria
10 Juli 2019, 19:27
pemindahan ibu kota, bappenas
Bappenas
Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro menegaskan, pemindahan ibu kota tidak akan merusak hutan.

Pemerintah optimistis pemindahan ibu kota dapat terlaksana pada 2024. Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional  (Bappenas) Bambang Brodjonegoro menegaskan, langkah ini tidak akan merusak hutan.

Bambang menyatakan, pemindahan pusat pemerintahan ini tidak akan mengurangi luas hutan lindung. “Pada saat membangun ibu kota, kami harus melakukan reforestasi. Konsepnya juga kota hijau sehingga hutan akan terjaga," katanya dalam siaran pers, Rabu (10/7).

Ia mengatakan, ibu kota yang dibangun bersifat terbuka atau bisa ditinggali masyarakat Indonesia lainnya. Karena itu, ia memastikan isu lingkungan menjadi perhatian pemerintah. “Kalau ada kemungkinan abuse oleh investor, kami sebagai regulator harus keras,” katanya.

(Baca: Pemindahan Ibu Kota Bukan Proyek Mengada-Ada)

Pemerintah pun memilih Kalimantan sebagai lokasi ibu kota yang baru. Alasannya, ketersediaan lahannya luas dan relatif bebas bencana. Selain itu, pulau tersebut dinilai bisa mewujudkan konsep Indonesia-sentris. “Indonesia tengah itu ada di Selata Makassar, namun Sulawesi masih rentan gempa dan tsunami,” katanya.

Bambang mengatakan, pemerintah ingin membangun pusat pertumbuhan ekonomi baru melalui pemindahan ibu kota itu. Pertama, melakukan industralisasi di luar Jawa. Caranya, hilirisasi hasil tambang dan perkebunan baik Sumatera, Kalimantan, dan Sulawesi.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...