Bekraf Berangkatkan Penyanyi Solo ke Los Angeles Susul Rich Brian

Penulis: Michael Reily

Editor: Pingit Aria

11/7/2019, 21.41 WIB

Program Indonesia Creative Incorporated merupakan kerja sama Bekraf dengan 88rising, label dan promotor musik di AS yang mengorbitkan Rich Brian.

Rapper asal Indonesia yang sukses di Amerika Serikat, Rich Brian (keempat dari kiri), bertemu Jokowi (tengah, berkemeja putih) di Istana Bogor, Jawa Barat, Minggu (7/7).
ANTARA
Rapper asal Indonesia yang sukses di Amerika Serikat, Rich Brian (keempat dari kiri), bertemu Jokowi (tengah, berkemeja putih) di Istana Bogor, Jawa Barat, Minggu (7/7).

Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) bakal memberangkatkan pemenang seleksi Indonesia Creative Incorporated ke Los Angeles, Amerika Serikat pada 19 Juli 2019. Para pemenang akan mengikuti tahap pengembangan talenta dari 88rising serta tampil dalam Head in the Clouds Festival pada 17 Agustus 2019.

Wakil Kepala Bekraf Ricky Pesik menyatakan, kerja sama antara Bekraf dan 88rising merupakan bentuk promosi pelaku kreatif dalam sektor musik. Apalagi, 88rising telah sukses menjaring talenta Indonesia di mancanegara, seperti Rich Brian dan Niki.

"Kerja sama dalah proses inkubasi sejumlah solois Indonesia upaya mereka bisa masuk ke ekosistem pasar hiburan global. Karir internasional bakal membawa nama Indonesia lebih cepat secara internasional, promosi ke depan jadi lebih mudah," kata Ricky di Jakarta, Kamis (11/7).

Proses pendaftaran yang telah buka sejak April 2019 lalu mendapatkan perhatian masyarakat dengan 536 pendaftaran dari penjuru Tanah Air. 88rising selaku perusahaan media sekaligus label dan promotor musik di AS pun mengkurasi jadi 20 orang, hingga terpilih lima orang pemenang.

(Baca: Bertemu Jokowi, Rich Brian Bicara Soal Musik dan Melihat Kambing)

Hanya, kendala visa membuat dua kandidat gagal berangkat ke AS. Padahal, Bekraf sudah bersurat dengan pemerintah AS. Pihak 88rising juga telah membantu dengan kelengkapan dokumen sebagai persyaratan tambahan untuk berangkat.

"Dua orang yang visanya ditolak harus tetap berbangga, kita cari cara lain supaya mendapatkan porsi pelatihan pengembangan talenta yang sama atau bahkan kami coba tetap berangkat lewat jalur diplomasi lain," ujar Ricky.

Setelah proses kurasi 88rising, seleksi Indonesia Creative Incorporated mendapatkan lima nama, yaitu Amanta Artadhia Siregar dari Jakarta, Devinta Trista Agustina dari Sidoarjo, Monica Eva Sancti dari Banten, Nicholas Hardy (Nick Hardy) dari Jakarta, serta Steffani Baretta dari Malang. Ada juga pemenang kedua Marcello Laksono dari Jakarta.

Ricky menjelaskan, program seleksi musik bakal menggali potensi kreatif masyarakat Indonesia. Sehingga, kesempatan untuk banyak orang ikut jejak Rich Brian yang sukses menarik perhatian penikmat musik dunia. Rich Brian juga telah bertemu Presiden Joko Widodo.

Artist Manager 88rising Oliver Zhang mengaku Indonesia punya banyak musisi berbakat yang mampu memberikan warna baru bagi pasar musik internasional. "Kami melihat bakat musisi Asia dengan ciri khas masing-masing dalam berkarya," kata Zhang.

Reporter: Michael Reily

Anda Belum Menyetujui Syarat & Ketentuan
Email sudah ada dalam sistem kami, silakan coba dengan email yang lainnya.
Alamat email Anda telah terdaftar
Terimakasih Anda Telah Subscribe Newsletter KATADATA
Maaf Telah terjadi kesalahan pada sistem kami. Silahkan coba beberapa saat lagi
Silahkan mengisi alamat email
Silahkan mengisi alamat email dengan benar
Masukkan kode pengaman dengan benar
Silahkan mengisi captcha