Huawei Rencanakan PHK Besar-Besaran di Anak Perusahaannya

Cindy Mutia Annur
15 Juli 2019, 10:55
huawei phk karyawan
123RF.com
Huawei Technologies dikabarkan berencana melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK) besar-besaran di anak perusahaannya di Amerika Serikat (AS), Futurewei Technologies.

Huawei Technologies dikabarkan berencana melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK) besar-besaran di anak perusahaannya di Amerika Serikat (AS), Futurewei Technologies. Hal ini terjadi di saat perusahaan telekomunikasi Tiongkok itu masuk dalam daftar hitam pemerintah AS.

PHK tersebut diperkirakan akan memengaruhi pekerjaan di bidang riset dan pengembangan Huawei. Futurewei Technologies saat ini mempekerjakan sekitar 850 orang di laboratorium penelitian di seluruh AS, tulis Wall Street Journal seperti yang dikutip dari Reuters, Minggu (14/7).

Menurut seorang sumber, Huawei akan memecat ratusan karyawannya. Beberapa karyawan telah diberitahu tentang pemecatan ini, sedangkan PHK yang lebih terencana akan segera diumumkan. Huawei menolak untuk berkomentar saat dihubungi oleh Reuters.

Meskipun Departemen Perdagangan AS telah memutuskan untuk menempatkan Huawei pada daftar entitas perdagangan, karyawan Futurewei masih menghadapi pembatasan untuk berkomunikasi dengan rekan kerja mereka di kantor pusat Huawei yang berlokasi di Tiongkok.

Pekan lalu, Sekretaris Perdagangan Wilbur Ross mengatakan pemerintah AS akan mengeluarkan lisensi untuk perusahaan yang ingin menjual barang ke Huawei, dengan catatan, tidak ada ancaman terhadap keamanan nasional.

(Baca: Huawei Klaim Sistem Operasi Hongmeng 60% Lebih Cepat daripada Android)

Halaman:
Reporter: Cindy Mutia Annur
Editor: Sorta Tobing
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...