Deretan Mobil Baru Ini Akan Menyemarakkan GIIAS 2019

Image title
Oleh Nazmi Haddyat Tamara
17 Juli 2019, 12:32
mobil-mobil baru di GIIAS 2019, BMW X7, mobil listrik Mitsubishi, DFSK, Wuling Almaz, pameran otomotif GIIAS 2019
ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A
Model berpose di dekat BMW X7 saat peluncurannya di Jakarta, Senin (15/7/2019). BMW X7 xDrive40i Pure Excellence berjenis SUV yang dibekali mesin 3.0 liter enam silinder BMW TwinPower Turbo itu resmi meluncur di Indonesia dengan harga Rp 2,39 miliar (off the road).

Pameran mobil terbesar Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019 diprediksi akan menarik banyak mata pecinta industri otomotif tanah air. Acara besutan Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) ini akan digelar pada 18 hingga 28 Juli 2019 di ICE BSD, Tangerang.

GIIAS tahun ini mengangkat tema Future in Motion yang merepresentasikan transformasi yang terus berlangsung di industri otomotif global. Tak kurang dari 25 pabrikan mobil siap meramaikan GIIAS 2019 baik dari mobil penumpang dan mobil niaga.

Pameran tahunan ini juga menjadi ajang untuk memperkenalkan mobil baru kepada publik dari para agen tunggal pemegang merek (ATPM). Katadata.co.id mencoba mengumpulkan deretan mobil baru yang diprediksi akan hadir pada GIIAS 2019 berikut ini:

Audi

Pabrikan asal Eropa dan salah satu merek mobil mewah Audi disebut-sebut akan menghadirkan Audi Q8. Mobil sport utility vehicle (SUV) besar ini akan menggeser Audi Q7 yang sebelumnya sudah lebih dulu masuk ke Indonesia.

Audi Q8 memiliki ukuran panjang 4.986 mm, lebar 2.190 mm, serta tinggi 1.705 mm. Dibekali mesin V6 berkapasitas 3.000 cc, mobil ini mampu mengeluarkan tenaga hingga 343 PS. Namun, Audi belum menkonfirmasi varian mana yang akan dibawa ke Indonesia. Alhasil harganya pun belum bisa diprediksi.

BMW

Masih dari pabrikan eropa, BMW akan memamerkan dua mobil barunya yang berasal dari dua kelas yang berbeda. BMW akan membawa sedan seri 3 dan X7 untuk kelas SUV.

Seri 3 terbaru yang akan diluncurkan menggunakan kode bodi G20, sedan yang hadir di Indonesia dengan mengusung model 330i M Sport tersebut memiliki penampilan yang jauh lebih modern dibanding generasi sebelumnya.

Mobil ini akan bersaing pada pasar sedan mewah ukuran compact bersama Mercedes C Class. Fitur terbaru yang ditawarkan pada mobil ini adalah park assist.  Dengan fitur ini, mobil dapat parkir secara otomatis tanpa pengemudi.

Sementara itu, BMW juga membawa SUV besar terbarunya, yakni X7. Desain eksterior BMW X7 ini menampilkan kemewahan yang berbeda, dengan dimensi panjang 5.151 mm, lebar 2.000 mm, dan tinggi 1.805 mm. Dari sisi mesin, mobil ini dibekali dengan unit bensin berkapasitas 3.000 cc enam silinder dengan tenaga hingga 340 Tk.

Mobil ini akan bersaing langsung dengan Audi Q8 yang juga akan diluncurkan pada pameran ini. Namun, BMW X7 hanya tersedia 20 unit untuk tahun ini dan semua unit tersebut sudah terjual pada penawaran pertama beberapa minggu lalu.

(Baca: Toyota Investasi Rp 28 Triliun untuk Bangun Mobil Listrik di Indonesia)

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...