Deretan Mobil Baru Ini Akan Menyemarakkan GIIAS 2019

Penulis: Nazmi Haddyat Tamara

Editor: Hari Widowati

17/7/2019, 12.32 WIB

BMW X7 yang hanya dijual sebanyak 20 unit sudah ludes pada penawaran pertama minggu lalu. Ada juga mobil hybrid dari Mitsubishi, yakni Outlander PHEV.

mobil-mobil baru di GIIAS 2019, BMW X7, mobil listrik Mitsubishi, DFSK, Wuling Almaz, pameran otomotif GIIAS 2019
ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A
Model berpose di dekat BMW X7 saat peluncurannya di Jakarta, Senin (15/7/2019). BMW X7 xDrive40i Pure Excellence berjenis SUV yang dibekali mesin 3.0 liter enam silinder BMW TwinPower Turbo itu resmi meluncur di Indonesia dengan harga Rp 2,39 miliar (off the road).

Pameran mobil terbesar Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019 diprediksi akan menarik banyak mata pecinta industri otomotif tanah air. Acara besutan Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) ini akan digelar pada 18 hingga 28 Juli 2019 di ICE BSD, Tangerang.

GIIAS tahun ini mengangkat tema Future in Motion yang merepresentasikan transformasi yang terus berlangsung di industri otomotif global. Tak kurang dari 25 pabrikan mobil siap meramaikan GIIAS 2019 baik dari mobil penumpang dan mobil niaga.

Pameran tahunan ini juga menjadi ajang untuk memperkenalkan mobil baru kepada publik dari para agen tunggal pemegang merek (ATPM). Katadata.co.id mencoba mengumpulkan deretan mobil baru yang diprediksi akan hadir pada GIIAS 2019 berikut ini:

Audi

Pabrikan asal Eropa dan salah satu merek mobil mewah Audi disebut-sebut akan menghadirkan Audi Q8. Mobil sport utility vehicle (SUV) besar ini akan menggeser Audi Q7 yang sebelumnya sudah lebih dulu masuk ke Indonesia.

Audi Q8 memiliki ukuran panjang 4.986 mm, lebar 2.190 mm, serta tinggi 1.705 mm. Dibekali mesin V6 berkapasitas 3.000 cc, mobil ini mampu mengeluarkan tenaga hingga 343 PS. Namun, Audi belum menkonfirmasi varian mana yang akan dibawa ke Indonesia. Alhasil harganya pun belum bisa diprediksi.

BMW

Masih dari pabrikan eropa, BMW akan memamerkan dua mobil barunya yang berasal dari dua kelas yang berbeda. BMW akan membawa sedan seri 3 dan X7 untuk kelas SUV.

Seri 3 terbaru yang akan diluncurkan menggunakan kode bodi G20, sedan yang hadir di Indonesia dengan mengusung model 330i M Sport tersebut memiliki penampilan yang jauh lebih modern dibanding generasi sebelumnya.

Mobil ini akan bersaing pada pasar sedan mewah ukuran compact bersama Mercedes C Class. Fitur terbaru yang ditawarkan pada mobil ini adalah park assist.  Dengan fitur ini, mobil dapat parkir secara otomatis tanpa pengemudi.

Sementara itu, BMW juga membawa SUV besar terbarunya, yakni X7. Desain eksterior BMW X7 ini menampilkan kemewahan yang berbeda, dengan dimensi panjang 5.151 mm, lebar 2.000 mm, dan tinggi 1.805 mm. Dari sisi mesin, mobil ini dibekali dengan unit bensin berkapasitas 3.000 cc enam silinder dengan tenaga hingga 340 Tk.

Mobil ini akan bersaing langsung dengan Audi Q8 yang juga akan diluncurkan pada pameran ini. Namun, BMW X7 hanya tersedia 20 unit untuk tahun ini dan semua unit tersebut sudah terjual pada penawaran pertama beberapa minggu lalu.

(Baca: Toyota Investasi Rp 28 Triliun untuk Bangun Mobil Listrik di Indonesia)

Persaingan Ketat di Kelas SUV

Mitsubishi

Beralih ke pabrikan Jepang, Mitsubishi dikabarkan akan mengenalkan tiga produk mobil barunya sekaligus, yakni Mitsubishi Eclipse Cross di segmen SUV kelas menengah, New Triton untuk double cabin, dan Outlander PHEV untuk low SUV dengan jenis mobil listrik.

Mitsubishi Eclipse Cross, ditawarkan varian mesin MIVEC (4B40) berkapasitas 1500 cc turbo. Mesin ini dapat menghasilkan tenaga 163 PS pada putaran mesin 5.500 rpm. Untuk bertarung di segmen SUV Medium, Eclipse Cross ditawarkan pada rentang Rp 470 juta hingga tak melebihi Rp 500 juta. Mobil ini akan bersaing langsung dengan Honda CR-V pada kelas yang sama.

Mitsubishi Outlander PHEV
Mitsubishi Outlander PHEV (ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto)

 

New Triton yang masuk pada kategori double cabin juga akan diluncurkan di Indonesia. Sebelumnya, Triton telah diluncurkan di Bangkok pada akhir tahun lalu. Mobil ini dibanderol dengan harga 250,5 juta hingga 480,5 juta untuk varian tertingginya. Saat ini, Triton masih menjadi salah satu market leader untuk kelas double cabin.

Hal menarik, Mitsubishi juga mengeluarkan jenis terbaru yaitu Outlander PHEV atau Plug-in Hybrid Electric Vehicle. Istilah hybrid merujuk pada sistem yang menggunakan dua varian mesin, yakni bensin dan baterai.

Namun, dengan kebijakan pemerintah terkait pajak untuk jenis mobil hybrid, Mitsubishi memberikan bocoran bahwa mobil plug-in hybrid ini akan dibanderol sekitar Rp 1,2 miliar sampai Rp 1,3 miliar. Harga yang cukup tinggi jika dibandingkan pesaing di kelasnya.

(Baca: Hyundai Motor Bangun Basis Produksi di Indonesia 2021)

Wuling dan DFSK

Bergeser ke pabrikan Tiongkok, dua merek yang mulai naik daun, yakni Wuling dan DFSK juga akan mengeluarkan mobil barunya.  Wuling dikabarkan akan meluncurkan varian baru dari SUV andalannya, yakni Almaz dengan tujuh tempat duduk. Varian ini akan bersaing dengan CRV besutan Honda yang telah masuk lebih dulu untuk kelas tujuh tempat duduk.

Di varian SUV terbaru ini, Wuling Motors menyematkan fitur canggih voice command yang diberi nama Wuling Indonesian Command (WIND). Dengan fitur ini, pengemudi dapat menjalankan berbagai fitur pada mobil ini hanya dengan perintah suara berbahasa Indonesia.

Sedangkan DFSK hanya akan meluncurkan versi Facelift dari Glory 580. Versi sebelumnya dari Glory 580 ini masuk ke Indonesia pada pertengahan tahun lalu. Untuk versi Facelift sudah diluncurkan awal tahun ini di negara asalnya di Tiongkok.

(Baca: Bus Listrik Anak Bangsa, Ramah Lingkungan dan Bertenaga Besar)

Anda Belum Menyetujui Syarat & Ketentuan
Email sudah ada dalam sistem kami, silakan coba dengan email yang lainnya.
Alamat email Anda telah terdaftar
Terimakasih Anda Telah Subscribe Newsletter KATADATA
Maaf Telah terjadi kesalahan pada sistem kami. Silahkan coba beberapa saat lagi
Silahkan mengisi alamat email
Silahkan mengisi alamat email dengan benar
Masukkan kode pengaman dengan benar
Silahkan mengisi captcha

Video Pilihan