Kongsi Astra dan Gojek Bentuk Layanan Mobil Sewa GoFleet

Penulis: Rizky Alika

Editor: Pingit Aria

18/7/2019, 16.13 WIB

Iklan yang dipasang di mobil mitra GoFleet akan menambah penghasilan pengemudi.

Astra dan Gojek meluncurkan GoFleet di acara GIIAS, Kamis (18/7).
Katadata/Rizky Alika
Astra dan Gojek meluncurkan GoFleet di acara GIIAS, Kamis (18/7).

PT Astra International Tbk dan Gojek membentuk perusahaan patungan (joint venture) bernama GoFleet. GoFleet akan menjadi solusi untuk menambahkan penghasilan pengemudi (driver) mobil.

"Ada tambahan penghasilan buat driver dalam bentuk iklan yang ditampilkan dalam kendaraan," kata Presiden Direktur GoFleet Meliza M Rusli di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019, ICE BSD, Tangerang, Kamis (18/7).

Iklan dalam kendaraan mitra GoFleet terbagi menjadi tiga, yaitu di samping, di belakang, dan di dalam mobil. Di belakang mobil, iklan akan berbentuk video yang diputar melalui layar LED. Dengan demikian, penghasilan dari iklan tersebut dapat menjadi tambahan pendapatan untuk driver.

Selain mendapatkan tambahan pendapatan, pengemudi mitra GoFleet akan mendapatkan asuransi kendaraan dan asuransi jiwa. Selain itu, kendaraan mitra GoFleet akan didukung oleh perawatan dan perbaikan dari bengkel resmi Astra.

(Baca: Gandeng PasarPolis, Gojek Luncurkan Layanan Asuransi Go-Sure)

Untuk menjadi mitra GoFleet, pengemudi Gojek dapat mendaftar dengan mengisi administrasi data. Mitra GoFleet akan mendapatkan pelatihan khusus mengenai cara mengemudi, menyapa pelanggan, dan cara merawat kendaraan. "Jadi itu yang membedakan company kami dengan yang lainnya," ujar Meliza.

Adapun, kendaraan mitra GoFleet juga akan terhubung dengan Astra Fleet Management System. Dengan sistem tersebut, perusaahaan dapat memonitor lokasi dan kondisi kendaraan. Selain itu, pengemudi juga dapat menggunakan tombol darurat jika berada dalam situasi mendesak.

Dengan bergabung bersama GoFleet, mitra driver dapat fokus memberikan pelayanan terbaik bagi pelanggan. Sementara perawatan dan perbaikan kendaraan akan dikelola oleh GoFleet.

Pada tahun ini, GoFleet akan mengoperasikan ribuan unit kendaraan untuk dipergunakan mitra pengemudi di area Jabodetabek. Setelah area Jabodetabek, layanan direncanakan akan mulai tersedia di kota-kota Iain di Indonesia.

(Baca: Dapat Tambahan Modal dari Visa, Gojek Perkuat Layanan Keuangan)

GoFleet diluncurkan pada acara pembukaan pameran otomotif terbesar di Indonesia, Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019. Peluncuran ini dilakukan oleh Meliza dan Direktur GoFleet Pandu Adi Laras. Turut mendampingi pula Presiden Direktur Astra Prijono Sugiarto serta Pendiri dan CEO Gojek Nadiem Makarim. 

Anda Belum Menyetujui Syarat & Ketentuan
Email sudah ada dalam sistem kami, silakan coba dengan email yang lainnya.
Alamat email Anda telah terdaftar
Terimakasih Anda Telah Subscribe Newsletter KATADATA
Maaf Telah terjadi kesalahan pada sistem kami. Silahkan coba beberapa saat lagi
Silahkan mengisi alamat email
Silahkan mengisi alamat email dengan benar
Masukkan kode pengaman dengan benar
Silahkan mengisi captcha