Sistem Bermasalah, Lion Belum Bisa Terapkan Diskon 50% Tiket Pesawat

Rizky Alika
22 Juli 2019, 16:56
Lion Air belum terapkan diskon 50% tiket pesawat
ANTARA FOTO/JESSICA HELENA WUYSANG
Ilustrasi. Lion Air belum menerapkan seutuhnya diskon 50% untuk harga tiket pesawatnya karena terkendala sistem reservasi tiket.

Pemerintah menyebut, Lion Air belum menerapkan seutuhnya diskon 50% untuk harga tiket pesawatnya. Sekretaris Kementerian Koordinatoor Bidang Perekonomian Susiwijono Moegiarso mengatakan maskapai penerbangan itu masih terkendala pada sistem reservasi tiket.

"Lion belum bisa menerapkan penurunan tiket pesawat dalam sistemnya. Beberapa tiket sudah turun, tapi belum sepenuhnya. Kami akan evaluasi," kata dia usai rapat koordinasi harga tiket pesawat di kantornya, Jakarta, Senin (22/7).

Advertisement

Lion juga belum menerapkan transparansi diskon pada 30% dari total kursi yang tersedia. Saat Susi melakukan pemantauan, ia tidak mengetahui apakah kuota 30% kursi tersebut telah habis terjual atau belum. Sebab, penjualan kursi diskon dilakukan dengan mekanisme first come, first served.

Meski begitu, ia yakin Lion telah memenuhi komitmennya terhadap pemerintah. Hanya saja, transparansi informasi perlu disampaikan kepada pemerintah.

Karena itu, pemerintah meminta Lion untuk memperbaiki kendala sistem reservasi hingga lusa, 24 Juli 2019. "Kami akan tes lagi," ujar Susi.

(Baca: Tiket Pesawat Mahal, Sri Mulyani Tak Akan Bebaskan Pajak Avtur)

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Editor: Sorta Tobing
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement