Sri Mulyani Nilai Penurunan Suku Bunga Acuan Akan Pacu Investasi

Agatha Olivia Victoria
22 Juli 2019, 16:03
kebijakan suku bunga bi
ARIEF KAMALUDIN I KATADATA
Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menyambut baik penurunan suku bunga acuan Bank Indonesia (BI).

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menyambut baik penurunan suku bunga acuan Bank Indonesia (BI). "Penurunan suku bunga akan meningkatkan investasi di semester II-2019," katanya di Gedung DPR, Jakarta, Senin (22/7).

Ia mengakui tahun ini pertumbuhan investasi memang melemah. Pada kuartal pertama 2019 pertumbuhannya hanya 5,3% secara tahunan (year on year/yoy). Padahal, pada periode yang sama tahun sebelumnya investasi berhasil tumbuh dua digit atau 11,8% secara tahunan.

Penurunan investasi tersebut, menurut dia, salah satunya karena tingginya suku bunga acuan. "Kenaikan suku bunga memang kemudian suka tidak suka telah berdampak ke investasi kita," katanya. 

Mantan Director Managing World Bank ini memperkirakan pertumbuhan investasi di 2019 akan mencapai 6%. Adapun target tersebut sesuai dengan perkiraan BI. "Di semester II nanti diharapkan momentum investasi naik," ucapnya.

Sepanjang 2018, BI menaikkan suku bunga acuan atau BI 7-Day Reverse Repo Rate sebanyak enam kali. Dari Mei hingga November, suku bunga acuan naik 175 bps dari 4,5% menjadi 6%. Baru pada bulan ini, bank sentral menurunkannya menjadi 5,75%.

Halaman:
Reporter: Agatha Olivia Victoria
Editor: Sorta Tobing
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...