Faisal Basri: RI Bisa Bangkrut kalau Bangun Infrastruktur Tanpa Swasta

Image title
23 Juli 2019, 20:39
Infrastruktur Jokowi, realisasi investasi 2019, utang pemerintah 2019
Ajeng Dinar Ulfiana | KATADATA
Kereta Light Rail Transit (LRT) saat uji publik di Stasiun Boulevard Utara, Kelapa Gading, Jakarta (12/6).

Ekonom dari Universitas Indonesia (UI) Faisal Basri mengatakan Indonesia sangat membutuhkan investasi dari badan usaha swasta dalam negeri maupun luar negeri untuk membangun infrastruktur. Bila tidak, Indonesia bisa bangkrut. Sebab, utang pemerintah dan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) sudah menembus Rp 5.000 triliun.

Ia memaparkan, per Maret 2019, utang pemerintah mencapai Rp 4.600 triliun. Sedangkan utang Badan Usaha Milik Negara (BUMN) mencapai Rp 945 triliun. Adapun Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) hanya mampu memenuhi belanja barang, belanja modal, dan pembayaran bunga utang.

Advertisement

"Maka untuk pembangunan infrastruktur mau tidak mau harus menggunakan metode lebih banyak partisipasi dari badan usaha," ujarnya saat ditemui di Jakarta, Selasa (23/7).

(Baca: Infrastruktur yang Mendekatkan 10 Bali Baru)

Ia pun menilai positif upaya pemerintah menggenjot investasi swasta dengan mempercepat perijinan usaha dan memangkas regulasi yang dinilai menghambat investasi. Menurut dia, usaha ini sudah membuahkan hasil. Pertumbuhan investasi Indonesia tertinggi ke-16 di dunia.

Namun, Fasial menyatakan masih ada yang harus diperbaiki agar investasi bisa tumbuh maksimal, yaitu komitmen terhadap kontrak. Menurut dia, kontrak patut untuk dihargai dan dilaksanakan. Ini untuk memberikan kepastian terhadap dunia usaha.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement