Danau Toba Dapat Alokasi Dana Pembangunan Pariwisata Paling Besar

Michael Reily
24 Juli 2019, 18:36
pariwisata, danau toba
Michael Reily|KATADATA
Pemandangan Danau Toba dari Menara Tele, Sumatera Utara. Kawasan Danau Toba, Sumatera Utara, mendapat anggaran paling besar dari rencana penyelesaian infrastruktur empat destinasi pariwisata super-prioritas.

Kawasan Danau Toba, Sumatera Utara, mendapat anggaran paling besar dari rencana penyelesaian infrastruktur empat destinasi pariwisata super-prioritas. Pemerintah telah menyiapkan anggaran total sebesar Rp 6,4 triliun, termasuk Mandalika (Nusa Tenggara Barat), Borobudur (Jawa Tengah), dan Labuan Bajo (Nusa Tenggara Timur).

Ketua Tim Percepatan Pembangunan 10 Destinasi Pariwisata Prioritas Hiramsyah Thaib mengungkapkan Danau Toba mendapatkan Rp 2,2 triliun dari dana tersebut. "Paling besar karena wilayahnya paling luas," katanya usai rapat di Kantor Kemenko Kemaritiman, Jakarta, Rabu (24/7).

Selain pembahasan anggaran, dia menjelaskan rapat ini juga mendiskusikan penyelesaian infrastruktur dan pengembangan destinasi. Apalagi, Danau Toba menjadi tanggung jawab tujuh kabupaten.

Meski dana Rp 6,4 triliun berasal dari Rancangan Anggaran Penerimaan dan Belanja Negara (RAPBN) 2020, Hiramsyah memastikan pekerjaannya tidak menunggu tahun depan. "Sesuai arahan presiden yang kami bisa jalankan ya langsung kerjakan sekarang," ujarnya.

(Baca: Danau Toba yang Belum Selesai Bersolek)

Halaman:
Reporter: Michael Reily
Editor: Sorta Tobing
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...