BI Paparkan Tiga Strategi Pengendalian Inflasi Tahun Ini

Agatha Olivia Victoria
25 Juli 2019, 15:46
Bank Indonesia, inflasi, jusuf kalla
Arief Kamaludin | Katadata
Bank Indonesia (BI) menyiapkan tiga strategi untuk mempertahankan angka inflasi di kisaran 3,5% plus-minus 1% tahun ini.

Bank Indonesia (BI) menyiapkan tiga strategi untuk mempertahankan angka inflasi di kisaran 3,5% plus-minus 1% tahun ini. Gubernur BI Perry Warjiyo mengatakan, strategi pertama adalah sinergi semua pihak, baik pemerintah pusat, pemerintah daerah, BI, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) hingga Kepolisian.

"Sinergi penguatan infrastruktur, khususnya distribusi pangan, perlu ditingkatkan, terutama di wilayah luar Jawa," kata Perry di Hotel Grand Sahid, Jakarta, Kamis (25/7).

Selanjutnya, strategi kedua yang akan dilakukan BI adalah melakukan adaptasi terutama dalam hal pemanfaatan teknologi informasi. "Teknologi sudah sangat canggih, maka inovasi digital dari produksi hingga pemasaran bisa memudahkan distribusi (barang dan jasa)," ucap dia.

Ia juga mengharapkan inovasi teknologi digital tersebut bisa memperpendek mata rantai pasokan kepada konsumen dan meningkatkan nilai tambah bagi para petani.

(Baca: BI: Kenaikan Harga Cabai Picu Inflasi Juli 2019)

Lalu, strategi yang terakhir adalah membuka ruang inovasi dan memperkuat model bisnis perdagangan antardaerah. Saat ini perdagangan tersebut mulai tumbuh dan bisa diperluas ke daerah lain dengan mengoptimalkan lembaga ekonomi di pedesaan maupun usaha milik daerah.

Halaman:
Reporter: Agatha Olivia Victoria
Editor: Sorta Tobing
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...