Mengenal Hari Belanja Diskon, Pesta Belanja Jakarta hingga Harbolnas

Image title
Oleh Abdul Azis Said
26 Juli 2019, 18:21
Suasana program sale di pusat perbelanjaan Senayan City, Jakarta, Rabu, (17/12).
KATADATA/Arief Kamaludin
Suasana program sale di pusat perbelanjaan Senayan City, Jakarta, Rabu, (17/12).

Hari Belanja Diskon Indonesia (HBDI) akan digelar pada 16-31 Agustus 2019 di 70 kota di Indonesia. Pesta belanja yang diselenggarakan untuk memperingati 74 tahun kemerdekaan Republik Indonesia itu mengagendakan diskon besar-besaran.

Hari Belanja Diskon Indonesia yang bertema 'Merah Putih Fun Pesta Diskon Persatukan Bangsa' akan diikuti oleh 200 perusahaan dan 300 merek, serta 18 ribu gerai retail. Presiden Joko Widodo akan meresmikan pesta belanja ini pada 15 Agustus 2019 di hotel Grand Sahid Jaya, Jakarta. Berbagai tawaran diskon akan bernuansa 74 akan meramaikan HBDI, seperti diskon hingga 74%, barang dengan harga serba Rp 74 ribu, dan prioritas promo berbelanja bagi konsumen yang berusia 74 tahun.

Advertisement

Pesta belanja ini merupakan inisiatif dari Himpunan Penyewa Pusat Perbelanjaan Indonesia (Hippindo) sejak 2017. Perhelatan pertama HBDI dimulai pada 17-20 Agustus 2017 di hampir seluruh pusat perbelanjaan di Indonesia. Hippindo juga menyelenggarakan Happy Birthday Indonesia Bazaar di Gambir Expo Kemayoran, Jakarta pada 15-27 Agustus 2017.

Tantangan Bisnis Retail 2019
Suasana di sebuah pusat perbelanjaan di Jakarta. (ANTARA FOTO/APRILLIO AKBAR)

Setelah sukses meraup omzet hingga Rp 60 triliun pada perayaan HBDI 2017, tahun berikutnya perayaan ini kembali diselenggarakan dengan periode yang lebih panjang dari 8 Agustus hingga 2 September 2018 dan dipusatkan di Palembang. Kota tersebut dipilih karena penyelenggaraan HBDI 2018 bertepatan dengan Asian Games 2018 Jakarta-Palembang. Oleh karena itu, Hippindo memprediksi akan banyak konsumen baru yang bisa digaet dalam perhelatan ini, termasuk wisatawan mancanegara (wisman). Target omzet penjualan pun dinaikkan sebesar 20% menjadi Rp 72 triliun.

(Baca: Hari Belanja Diskon Indonesia, 18 Ribu Gerai di 70 Kota Ikut Serta)

Perayaan Hari Belanja di Indonesia

HBDI bukan satu-satunya ajang memanjakan diri bagi para pecinta belanja dalam negeri. Masyarakat Jakarta dan sekitarnya pasti mengetahui pesta diskon besar-besaran yang diadakan menjelang hari jadi kota Jakarta pada 22 Juni. Festival Jakarta Great Sale (FJGS) adalah pesta belanja yang diselenggarakan Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI) DPD DKI Jakarta setiap tahun untuk memperingati ulang tahun kota Jakarta.

Jauh sebelum dipegang oleh APPBI DKI Jakarta sejak 2009, ajang untuk memanjakan konsumen ini pertama kali diselenggarakan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta pada 1982 dengan nama Festival Pertokoan. Nama kegiatan ini beberapa kali berubah. Pada era 1990-an hajatan ini sempat diubah menjadi ‘Pesta Diskon’ kemudian berubah lagi menjadi ‘Jakarta Great Sale’ sampai yang dikenal saat ini dengan nama Festival Jakarta Great Sale.

Setiap tahun perayaan FJGS terus tumbuh. Pada tahun ini, penyelenggaraan FJGS melibatkan 82 pusat perbelanjaan mal ataupun trade center yang tersebar di Jakarta mulai 25 Mei 2019 dan berakhir tepat sehari setelah hari jadi Jakarta yaitu 23 Juni 2019. FJGS 2019 mematok target penjualan hingga Rp 9,5 triliun.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement