Hari Belanja Diskon Indonesia, 18 Ribu Gerai di 70 Kota Ikut Serta

Penulis: Rizky Alika

Editor: Martha Ruth Thertina

25/7/2019, 17.56 WIB

Hari Belanja Diskon Indonesia (HBDI) bakal digelar pada 16-31 Agustus. Promo harga bakal bernuansa “74”, sesuai usia kemerdekaan RI.

Hari Belanja Diskon Indonesia 2019 (HBDI 2019) atau Jakarta Great Sale 2019
ANTARA FOTO/APRILLIO AKBAR
Suasana di salah satu pusat perbelanjaan di Jakarta, Minggu (16/6/2019).

Ribuan gerai siap menyediakan promo harga dalam rangka Hari Belanja Diskon Indonesia (HBDI) 2019. HBDI bakal digelar pada 16-31 Agustus dengan tema Merah Putih Fun Pesta Diskon Persatukan Bangsa. Rencananya, promo bakal bernuansa “74”, sesuai usia kemerdekaan RI.

Ketua Panitia HBDI 2019 Fetty Kwartati mengatakan HBDI diikuti banyak pelaku usaha. "Akan ada lebih dari 200 perusahaan, lebih dari 18 ribu gerai, lebih dari 300 brand, lebih dari 70 kota," kata dia di kantornya, Jakarta, Kamis (25/7).

Aneka promo bernuansa “74” yang akan disediakan di ribuan gerai tersebut seperti diskon hingga 74%, harga khusus untuk produk tertentu seharga Rp 74.000, dan promo bagi konsumen yang berusia 74 tahun.

(Baca: Mulai Hari Ini Tiket Lion & Citilink Diskon 50%, Ini Daftar 208 Rute)

Himpunan Penyewa Pusat Perbelanjaan Indonesia (Hippindo) selaku penyelenggara menyatakan HBDI dibuat sebagai bentuk komitmen peritel dalam mendorong pertumbuhan ekonomi. Pertumbuhan ekonomi diharapkan semakin bergairah dengan peningkatan konsumsi masyarakat.

Inspektur Jenderal Kementerian Perdagangan Srie Agustina mengatakan HBDI bisa menjadi kesempatan emas bagi anggota Hippindo yang bergerak di sektor ritel, kuliner, dan hiburan untuk menggali potensi pasar. "Serta menggairahkan sektor perdagangan dan pariwisata di dalam negeri,” kata dia.

Srie berharap acara ini dapat membantu pengembangan Usaha Kecil Menegah (UKM), ekonomi kreatif, serta ritel. "Semoga bisa menjadi acara ikonik rutin setiap tahun seperti Black Friday di Amerika Serikat atau Boxing Day Sale di Inggris,” ujarnya.

(Baca: LinkAja dan DANA Tebar Diskon untuk Tingkatkan Kepercayaan Konsumen)

Rencananya, acara pembukaan HBDI akan digelar pada 15 Agustus 2019 di Grand Sahid Jaya Hotel, Jakarta. Pembukaan akan dilakukan oleh Presiden Joko Widodo. Dalam acara tersebut akan ada Parade Merek Lokal Indonesia 2019 yang menampilkan berbagai merek lokal yang menjadi komoditas ekspor.

HBDI merupakan acara tahunan Hippindo yang pertama kali digelar pada 2017. Ini artinya, tahun ini merupakan tahun ketiga penyelenggaraan acara tersebut. Tahun lalu, HBDI dipusatkan di Palembang bertepatan dengan perayaan ASIAN Games 2018.

Anda Belum Menyetujui Syarat & Ketentuan
Email sudah ada dalam sistem kami, silakan coba dengan email yang lainnya.
Alamat email Anda telah terdaftar
Terimakasih Anda Telah Subscribe Newsletter KATADATA
Maaf Telah terjadi kesalahan pada sistem kami. Silahkan coba beberapa saat lagi
Silahkan mengisi alamat email
Silahkan mengisi alamat email dengan benar
Masukkan kode pengaman dengan benar
Silahkan mengisi captcha

Video Pilihan