Sutradara Dua Garis Biru Jadi Mentor Penulisan Skenario Anak

Penulis: Michael Reily

Editor: Pingit Aria

1/8/2019, 16.39 WIB

Sebelum menyutradarai Dua Garis Biru, Gina S Noer juga merupakan penulis skenario film Keluarga Cemara.

Gala premiere film Dua Garis Biru di Jakarta, 28 Juni 2019.
Instagram/@duagarisbirufilm
Gala premiere film Dua Garis Biru di Jakarta, 28 Juni 2019.

Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) menyelenggarakan program Skenario Cerita Anak Nusantara (Scara) 2019. Salah satu mentornya adalah Gina S Noer, sutradara film Dua Garis Biru.

Sebelumnya, Gina juga dikenal sebagai penulis scenario film Keluarga Cemara. Keterlibatan dalam program Scara mendorong Gina mendirikan Semesta Anak, yakni ekosistem yang bertujuan menyiapkan anak Indonesia menjadi pribadi mandiri, melalui media cerita, buku dan beragam aktivitas.

“Pelatihan yang dilakukan di Scara 2018 menginspirasi saya untuk menggagas dan mendirikan Semesta Anak, sehingga anak Indonesia dapat menikmati cerita-cerita anak yang orisinal,” ujar Gina dalam keterangan resmi, dikutip Kamis (1/8).

Bekraf menilai, pertumbuhan ekosistem penulis mampu menghasilkan penulis skenario yang berkualitas. Wakil Kepala Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) Ricky Pesik menyatakan Scara 2019 adalah gelaran kedua Bekraf.

(Baca: Dua Garis Biru, Problematika Kehamilan Remaja)

"Kami memiliki upaya yang berkesinambungan dalam menemukan bibit kreator muda yang dapat membantu menggerakkan perekonomian nasional melalui industri kreatif," kata Ricky.

Dia mengungkapkan, kemajuan kualitas penulisan skenario cerita anak adalah kunci alternatif tontonan berkualitas dan edukasi. Sehingga, cerita harus orisinal yang berdasarkan ide otentik.

Pelatihan Scara terbuka gratis dan bebas bagi seluruh warga Indonesia dengan usia di atas 19 tahun. Pendaftaran mulai 23 Juli hingga 12 Agustus 2019 untuk proses inkubasi penulisan skenario cerita anak selama dua bulan, yaitu September dan Oktober 2019.

Tahapan inkubasi akan adalah pembekalan materi, pembagian kelompok, pengembangan cerita dan penulisan skenario, hingga skenario masuk ke rancangan awal. Peserta inkubasi bakal menggarap cerita Pandawa Junior, karakter wayang salah satu karya Semesta Anak.

(Baca: Setidaknya 2 Film Indonesia Diprediksi Masuk Box Office Agustus)

Tahapan inkubasi diantaranya pembekalan materi, pembagian kelompok, pengembangan cerita dan penulisan skenario, hingga skenario memasuki draft satu. Dalam kurun waktu tersebut, peserta wajib hadir dalam pertemuan langsung dan mengerjakan tugas yang diberikan selama proses inkubasi.

Para peserta program inkubasi SCARA 2019 akan berkesempatan untuk menjadi penulis skenario cerita anak Pandawa Junior, sebuah seri animasi dengan karakter pewayangan yang bisa menjadi referensi para orangtua dalam mendidik dan membesarkan anak.

Pendidik dan Pendiri Keluarga Kita Najelaa Shihab mengungkapkan pentingnya pendidikan anak dan keluarga. Scara 2019 pun fokus pada pemahaman emosi anak. "Kami harap para peserta nanti dapat membuat cerita yang tepat dan dekat untuk anak," ujar Najelaa.

Reporter: Michael Reily

Anda Belum Menyetujui Syarat & Ketentuan
Email sudah ada dalam sistem kami, silakan coba dengan email yang lainnya.
Alamat email Anda telah terdaftar
Terimakasih Anda Telah Subscribe Newsletter KATADATA
Maaf Telah terjadi kesalahan pada sistem kami. Silahkan coba beberapa saat lagi
Silahkan mengisi alamat email
Silahkan mengisi alamat email dengan benar
Masukkan kode pengaman dengan benar
Silahkan mengisi captcha

Video Pilihan