Terjadi Semburan Gas di Aceh, BPMA Temukan Peralatan Tambang di Lokasi

Image title
3 Agustus 2019, 13:45
semburan gas asamera, aceh, bpma
Dok. Chevron
Ilustrasi. BPMA bersama Medco E&P Malaka, saat ini melakukan observasi ke lokasi semburan sumur gas yang berada di areal perkebunan sawit milik PT Padang Palma Permai (PPP) Divisi 1 Blok A, Kecamatan Peureulak Timur, Aceh.

Badan Pengelola Minyak dan Gas Bumi Aceh (BPMA), dibantu Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKKS) Medco E&P Malaka, melakukan observasi ke lokasi semburan sumur gas yang berada di areal perkebunan sawit milik PT Padang Palma Permai (PPP) Divisi 1 Blok A. Lokasi persis sumurnya berada di Dusun Cinta Damai, Desa Seuneubok Lapang, Kecamatan Peureulak Timur, Aceh.

Kepala Divisi Formalitas dan Hubungan Eksternal BPMA Radhi Darmansyah mengatakan, pada lokasi tersebut saat ini telah dipasang garis polisi oleh pihak kepolisian setempat. "Serta ditemukan adanya peralatan milik penambang tepat di atas sumur yang mengeluarkan semburan," kata Radhi saat dihubungi Katadata.co.id, Sabtu (3/8).

Radhi menjelaskan tinggi semburan diperkirakan 15 sampai 20 meter, dengan radius terdampak sekitar 20 hingga 30 meter. Pada saat pengamatan tidak ditemukan adanya genangan lumpur atau air di sekitar wilayah terdampak. "Sumur ini berada di pinggir jalan dan bertempat di dalam perkebunan kelapa sawit," ucapnya.

(Baca: Dampak Tumpahan Minyak Blok ONWJ Meluas, Sudah Berimbas ke 10 Desa)

Saat dikonfirmasi mengenai statusnya, ia mengatakan sumur tersebut bekas wilayah kerja peninggalan PT Asamera Oil yang sudah lama ditinggalkan. Kemungkinan besar, sumur ini pernah dibor oleh Asamera pada tahun 1970-an dan berproduksi sampai akhir 1990-an, sebelum akhirnya ditinggalkan oleh perusahaan karena konflik internal.

Kejadian semburan gas berawal pada Senin lalu pukul 21:30 WIB. Salah seorang anggota Polsek Peureulak Timur mendapat informasi dari masyarakat bahwa terjadi ledakan pada sumur ex. Asamera yang juga pernah dikelola oleh PT Medco E&P Malaka.

Mendapat informasi tersebut anggota Polsek Peureulak Timur melaporkan kepada Kapolsek Peureulak Timur. Karena situasi sudah malam hari, pengecekan ke tempat kejadian perkara (TKP) baru dilakukan esok paginya.

Reporter: Verda Nano Setiawan
Editor: Sorta Tobing
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...