Ditopang Konsumsi Lebaran, Ekonom Ramal Pertumbuhan Ekonomi Capai 5,1%

Agatha Olivia Victoria
5 Agustus 2019, 10:40
Foto udara pemukiman dan gedung di Kota Depok, Jawa Barat, Jumat (7/6/2019). Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution menegaskan pertumbuhan ekonomi kuartal kedua 2019 dapat tumbuh mencapai 5,2 persen. Momentum Lebaran 2019 ia perkirakan ma
ANTARA FOTO/YULIUS SATRIA WIJAYA
Foto udara pemukiman dan gedung di Kota Depok, Jawa Barat, Jumat (7/6/2019). Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution menegaskan pertumbuhan ekonomi kuartal kedua 2019 dapat tumbuh mencapai 5,2 persen. Momentum Lebaran 2019 ia perkirakan mampu memicu permintaan domestik yang kuat serta daya tarik investasi Indonesia yang semakin tinggi.

Sejumlah ekonom memperkirakan pertumbuhan ekonomi Indonesia pada triwulan II 2019  hanya mencapai 5,1% dibanding pertumbuhan realisasi pertumbuhan I 2019 sebesar 5,07%. Pertumbuhan tersebut salah satunya ditopang oleh menigkatnya konsumsi pada Lebaran.

"Proyeksi pertumbuhan ekonomi triwulan-II 2019 sebesar 5.1% dengan konsumsi rumah tangga masih menjadi penopang utama karena adanya lebaran," kata Wakil Direktur Institute for Development of Economics and Finance (INDEF) Eko Listyanto kepada katadata.co.id,  melalui sambungan telepon Senin (5/8).

Advertisement

Tingginya konsumsi karena faktor lebaran selalu terjadi setiap tahun dan menjadi faktor musiman pendorong pertumbuhan ekonomi di triwulan tertentu.

Meski demikian, jika dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya, Eko memperkirakan pertumbuhan pada kuartal kedua tahun ini lebih rendah. "Jika di triwulan II tahun lalu dapat tumbuh diatas 5,2%, triwulan kedua tahun ini akan turun," kata dia. 

(Baca: BI Taksir Pertumbuhan Ekonomi Kuartal II Tertahan di Kisaran 5,07%)

Penurunan pertumbuhan itu menurutnya dikarenakan dorongan atau kontribusi dari perdagangan luar negeri mengecil. Tercatatat, ekspor pada triwulan II 2018 tumbuh 7,70% terhadap triwulan II-2017. 

Halaman:
Reporter: Agatha Olivia Victoria
Editor: Ekarina
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement