Ada Dua Persoalan Teknis, Twitter Bocorkan Data Penggunanya

Cindy Mutia Annur
8 Agustus 2019, 12:25
Ada dua kendala teknis, Twitter membocorkan data penggunanya.
Katadata
Ilustrasi. Ada dua kendala teknis, Twitter membocorkan data penggunanya.

Twitter tak sengaja membocorkan data pengguna lewat iklan di aplikasinya. Perusahaan pengembang media sosial itu mengatakan, hal ini dilakukan karena terjadi dua persoalan terkait pengaturan iklan.

Pertama, masalah dalam hal pelacakan konversi iklan. Alhasil, pengguna yang melihat iklan di aplikasi bisa tanpa sengaja berbagi data tentang pengalaman mereka ke pengiklan di Twitter.

Twitter menduga, data yang dibagikan itu memuat kode negara pengguna, informasi tentang iklan dan apakah mereka terlibat dalam iklan dan kapan. Dalam pernyataan resminya, Twitter mengatakan bahwa kesalahan teknis seperti ini terjadi sejak Mei 2018.

"Anda memercayai kami untuk mengikuti pilihan Anda dan kami gagal di sini. Kami menyesal hal ini terjadi dan kami sedang mengambil langkah untuk memastikan tidak melakukan kesalahan seperti ini lagi," demikian kata Twitter dikutip TechCrunch, kemain (7/8).

(Baca: Karena Bug, Twitter Tak Sengaja Bagikan Data Lokasi Pengguna )

Kedua, pengiklan bisa melacak penjelajahan situs pengguna. Kendala seperti ini membuat pengiklan dapat menayangkan iklan meski tidak diinginkan pengguna. Berdasarkan kajian Twitter, hal seperti ini terjadi sejak September 2018.

Meski begitu, Twitter mengklaim data-data yang tidak sengaja bocor itu tetap ada di perusahaannya. Pengembangan media sosial itu juga memastikan, informasi yang tersibak itu tidak bersifat sensitif.

Halaman:
Reporter: Cindy Mutia Annur
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...