Adu Kuat GoPay dan OVO di Lahan Parkir

Penulis: Pingit Aria

8/8/2019, 15.47 WIB

GoPay bekerja sama dengan Secure Parking. OVO lebih dulu menyediakan pembayaran parkir di pusat perbelanjaan Grup Lippo.

Sistem pembayaran OVO telah menjangkau 9.000 mitra UKM (24/8).
OVO
Sistem pembayaran OVO telah menjangkau 9.000 mitra UKM (24/8).

Dompet digital Gojek, GoPay, kini bisa digunakan untuk membayar parkir. GoPay bekerja sama dengan Secure Parking yang mengelola ratusan lahan parkir di berbagai kota besar.

Langkah ini akan membuat persaingan GoPay dan OVO semakin sengit. Sebab, OVO lebih dulu digunakan sebagai alat pembayaran parkir di berbagai pusat perbelanjaan milik Grup Lippo.

Head of Corporate Communications GoPay Winny Triswandhani mengatakan, perusahaannya telah menjalin kerja sama dengan PT Securindo Packatama atau Secure Parking.

Penandatanganan kerja sama ini dilakukan oleh CEO (Chief Executive Officer) GoPay, Aldi Haryopratomo dan Managing Director Secure Parking, Rustam Rachmat. "Secure Parking ini telah mengelola lebih dari 900 situs parkir yang tersebar di seluruh Indonesia," kata Winny dalam siaran pers, dikutip Kamis (8/8).

(Baca juga: Dampak Pemadaman Listrik terhadap Transaksi GoPay, OVO, dan DANA)

Di Jakarta, GoPay sudah diujicobakan sebagai alat pembayaran parkir di Puri Indah Mall, Jakarta Barat. Ke depan, Winny berharap kerja sama dengan pengelola situs parkir atau layanan umum lainnya dapat diperluas.

Ia memastikan kerja sama GoPay dan Secure Parking tidak lantas menghilangkan opsi pembayaran lain yang sebelumnya digunakan pihak mal. Misalnya, pembayaran secara tunai atau menggunakan dompet digital merek lain.

Untuk membayar parkir dengan GoPay, pengguna cukup memindai QR code yang tersedia di lokasi. Kemudian, detail transaksi akan muncul dan pengguna bisa langsung membayarnya.

"Saldo GoPay pengendara akan otomatis terpotong setelah tiket parkir diserahkan kembali di pintu keluar area parkir," ujarnya. Selama masa promosi, GoPay akan memberikan cashback senilai Rp 5.000 untuk setiap transaksi.

Grafik:


Sebelumnya, OVO telah lebih dulu digunakan sebagai alat pembayaran parkir di berbagai properti milik Grup Lippo. Bahkan, beberapa mal seperti Pejaten Village, Plaza Semanggi, Lippo Mall Puri, dan Hypermart Puri secara eksklusif hanya menerima OVO sebagai alat pembayaran parkir.

Head of PR OVO, Sinta Setyaningsih menyatakan, OVO menawarkan proses pembayaran yang lebih praktis. Sebab, pengguna tak perlu menyiapkan uang tunai dan penjaga parkir tak perlu mencari kembalian.

(Baca juga: LinkAja, OVO, atau Go-Pay: Mana yang Anda Pilih?)

Sedangkan terkait penggunaan OVO sebagai alat pembayaran tunggal, Sinta menyatakan, "Kewenangan menentukan metode pembayaran merupakan ranah pengelola layanan parkir."

OVO adalah aplikasi finansial milik Grup Lippo yang diluncurkan pada akhir 2016. Dalam hal ini, OVO juga menggandeng Sky Parking, perusahaan pengelola parkir di mal milik Grup Lippo.

Dalam sebuah video yang dirilis Oktober 2017, OVO menggelar promo biaya parkir Rp 1, juga cashback 30% pada setiap transaksi di merchant yang bekerja sama di mal-mal Lippo. "Ini berlaku di 17 mal di Jawa dan Sumatera, selanjutnya nanti akan berlaku di 62 mal Lippo Mall di seluruh Indonesia," kata Direktur Eksekutif Lippo Mall Eddy Mumin. 

Anda Belum Menyetujui Syarat & Ketentuan
Email sudah ada dalam sistem kami, silakan coba dengan email yang lainnya.
Alamat email Anda telah terdaftar
Terimakasih Anda Telah Subscribe Newsletter KATADATA
Maaf Telah terjadi kesalahan pada sistem kami. Silahkan coba beberapa saat lagi
Silahkan mengisi alamat email
Silahkan mengisi alamat email dengan benar
Masukkan kode pengaman dengan benar
Silahkan mengisi captcha

VIDEO PILIHAN