Peternak Lokal Khawatir Impor Ayam dari Brasil Akan Menjatuhkan Harga

Rizky Alika
8 Agustus 2019, 19:18
Impor ayam Brasil, Peternak
KATADATA | Ajeng Dinar Ulfiana
Sejumlah ayam bertelur di peternakan , kawasan Cibinong, Bogor, Jawa Barat (16/12). Impor ayam dari Brasil akan membuat harga jatuh.
membuka keran impor ayam dari Brasil. Ini dilakukan sebagai konsekuensi kekalahan Indonesia setelah menghadapi gugatan Negeri Samba di Organisasi Perdagangan Dunia (WTO).

Artikel ini telah tayang di Katadata.co.id dengan judul "Buntut Kekalahan Gugatan di WTO, Indonesia Buka Impor Ayam dari Brasil" , https://katadata.co.id/berita/2019/08/08/buntut-kekalahan-gugatan-di-wto-indonesia-buka-impor-ayam-dari-brasil
Penulis: Ekarina
Editor: EkariPemerintah bakal membuka keran impor ayam dari Brasil, dampak dari kekalahan Indonesia setelah menghadapi gugatan Negeri Samba di Organisasi Perdagangan Dunia (WTO). Peternak menyebut datangnya impor ayam hidup asal Brasil berpotensi membuat harga ayam hidup peternak lokal di pasar tradisional jatuh.  

Pemerintah bakal membuka keran impor ayam dari Brasil, dampak dari kekalahan Indonesia setelah menghadapi gugatan Negeri Samba di Organisasi Perdagangan Dunia (WTO). Peternak menyebut datangnya impor ayam hidup asal Brasil berpotensi membuat harga ayam peternak lokal di pasar tradisional jatuh. 

Sekretaris Jenderal Gabungan Organisasi Peternak Ayam Nasional (Gopan) Sugeng Wahyudi mengatakan meski peternak tidak memasarkan ayam beku, tetap saja pasar ayam lokal akan terdesak dengan pasokan impor. Sebab, unggas impor tersebut dapat merembes masuk ke pasar tradisional.

Advertisement

"Artinya mereka mengambil sebagian pasar yang ada. Ini pengaruh besar ke harga ayam hidup di pasar tradisional," kata dia kepada katadata.co.id, Kamis (8/8).

(Baca: Buntut Kekalahan Gugatan di WTO, Indonesia Buka Impor Ayam dari Brasil)

Sugeng menyarankan pemerintah membantu peningkatan kualitas ayam peternak lokal. Caranya dengan menyesuaikan harga jual sarana produksi peternakan (Sapronak). Salah satu contoh yang dapat dilakukan ialah menyesuaikan harga pakan jagung.

Selain itu, pemerintah juga dapat memberikan pembiayaan murah untuk perbaikan kandang peternak. Hal ini dinilai dapat meningkatkan produktivitas ayam nasional.

"Jadi efisiensi dimulai dari Sapronak dan kandang peternak," ujarnya.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement