Megawati Minta Lebih Empat Menteri, Jokowi Jamin PDIP Dapat Terbanyak

Penulis: Antara

Editor: Yuliawati

8/8/2019, 18.39 WIB

Megawati minta jatah menteri lebih dari empat, Jokowi menjamin PDIP akan memperoleh menteri terbanyak.

Jokowi, PDIP, menteri
ANTARA FOTO/Nyoman Budhiana
Ketua Umum DPP PDIP Megawati Soekarnoputri bersama Presiden Joko Widodo berbincang dengan Wakil Presiden terpilih Ma'ruf Amin pada pembukaan Kongres V PDIP di Sanur, Bali, Kamis (8/8/2019).

Ketua Umum PDI Perjuangan, Megawati Soekarnoputri meminta jatah menteri terbanyak di kabinet pemerintahan mendatang. Saat berpidato di Kongres ke-V PDI Perjuangan, Megawati meminta agar Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberikan jatah menteri untuk PDIP lebih banyak dari partai lain.

"Ini di dalam kongres partai, Bapak Presiden, saya meminta dengan hormat bahwa PDIP akan masuk dalam kabinet dengan jumlah menteri harus terbanyak," kata Megawati di Sanur, Bali, Kamis (8/8).

(Baca: Didukung Arus Bawah, Megawati Bakal Kembali Jadi Ketua Umum PDIP)

Para kader yang hadir di kongres pun bersorak riang menyambut permintaan Megawati tersebut. Selain di hadapan kader, pidato Megawati disampaikan di hadapan presiden, Wakil Presiden terpilih Ma'ruf Amin dan pimpinan partai-partai politik yang hadir dalam kongres.

Megawati berharap Jokowi tidak menolak permintaan itu. "Jangan nanti, "Ibu Mega, saya kira karena PDI sudah banyak kemenangan, sudah ada di DPR, nanti saya kasih cuma empat ya'. Emoh. Tidak mau, tidak mau, tidak mau," kata Megawati sambil tertawa.

Presiden Jokowi menjawab kelakar Megawati soal permintaan "jatah" menteri yang banyak bagi PDIP di kabinet kerja periode mendatang.

(Baca: Megawati Ajak Prabowo Bertarung Lagi di Pemilu 2024)

"Tadi disampaikan jangan empat, tapi kalau yang lain dua, PDIP empat kan sudah dua kali (lipat). Kalo yang lain tiga, ya belum tentu juga (enam)," kata Jokowi dalam sambutan di acara Kongres V PDIP di Bali, Kamis.

Namun, Jokowi menjamin PDIP akan memperoleh menteri terbanyak. "Yang jelas PDIP pasti terbanyak. Itu jaminannya saya," kata Jokowi.

Jokowi menyampaikan harapannya agar perhelatan Kongres V PDIP dapat meneguhkan tekad kader PDIP sebagai calon pemimpin di masa mendatang. Dia juga berharap partai tempatnya bernaung dapat kembali menjadi pemenang tiga kali berturut-turut pada 2024.

(Baca: Jokowi Akan Diskusi dengan Koalisi Potensi Bergabungnya Gerindra)

Anda Belum Menyetujui Syarat & Ketentuan
Email sudah ada dalam sistem kami, silakan coba dengan email yang lainnya.
Alamat email Anda telah terdaftar
Terimakasih Anda Telah Subscribe Newsletter KATADATA
Maaf Telah terjadi kesalahan pada sistem kami. Silahkan coba beberapa saat lagi
Silahkan mengisi alamat email
Silahkan mengisi alamat email dengan benar
Masukkan kode pengaman dengan benar
Silahkan mengisi captcha

VIDEO PILIHAN