Pansel Serahkan Data Diri Capim KPK ke 8 Lembaga Hukum

Penulis: Fahmi Ramadhan

Editor: Agustiyanti

8/8/2019, 16.06 WIB

Saat ini, delapan lembaga hukum telah mempelajari profil ke-40 capim KPK.

kpk, capim kpk
ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A
Sejumlah calon pimpinan (capim) KPK mengikuti tes profile assessment di gedung Lemhanas. Saat ini profil para capim tersebut tengah ditinjau oleh delapan lembaga hukum.

Panitia Seleksi Calon Pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) akan mengirimkan data diri 40 capim KPK kepada delapan lembaga hukum yang turut dilibatkan dalam proses seleksi.

Ketua Pansel Yenti Garnasih menyebut upaya itu dilakukan guna mencari tahu sejauh mana integritas dan kompetensi para capim KPK. Saat ini, menurut dia, pihaknya telah mengirimkan data diri 40 capim KPK yang telah dinyatakan lolos pada tahapan seleksi Psikologi.

"Kami sejak 5 Agustus kami Pansel bekerja sampai malam guna menyiapkan dokumen 40 orang tersebut dan kami akan kirimkan ke 8 tracker tim," kata Yenti di Gedung Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhanas), Jakarta, Kamis, (8/8).

(Baca: Pansel Sebut Cari Komisioner KPK yang Tahan Tekanan)

Kedelapan lembaga hukum tersebut, menurut dia, kini tengah mempelajari data-data pada capim tersebut. Adapun 8 lembaga hukum tersebut, yakni KPK, Kejaksaan, Kepolisian, BIN, BNPT, BNN, PPATK, dan Direktorat Jenderal Pajak (Dirjen Pajak). Mereka nantinya akan bekerja sesuai keahliannya. 

Ia mencontohkan polisi akan menelusuri profilenya lewat Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK). Kemudian kejaksaan  akan menelusuri apakah capim yang sedang terlibat kasus dan kasusnya telah dinaikan ke sidang tuntutan.

"Ini empat tahun yang lalu langsung dinaikan jadi tersangka. Tapi hal - hal ini yang juga kita antisipasi. Kemudian di BIN kita tahu semuanya, BNPT berkaitan dengan radikalisme, dan seterusnya sperti PPATK,Dirjen Pajak, dan BNN," katanya.

(Baca: KPK Endus Keterlibatan Anggota DPR dalam Suap Impor Bawang Putih)

Anggota Pansel KPK Hendardi menyebut pemeriksaan latar belakang ini merupakan bagian dari saran dari masyarakat. Ia menyebut, selama ini pihaknya tidak membatasi adanya sejumlah masukan yang ia terima dari publik.

"Itu semua bagian dari bahan kami untuk wawancara bisa untuk pengetahuan kami tentang track record seseorang yang kami konfirmasi sebagainya," katanya.

Hari ini, Panitia Seleksi capim KPK tengah menggelar proses seleksi tahap profile assement. Profile Assement ini akan berlangsung selama 2 hari, yakni hari ini dan Jumat (9/8) besok.

Reporter: Fahmi Ramadhan

Anda Belum Menyetujui Syarat & Ketentuan
Email sudah ada dalam sistem kami, silakan coba dengan email yang lainnya.
Alamat email Anda telah terdaftar
Terimakasih Anda Telah Subscribe Newsletter KATADATA
Maaf Telah terjadi kesalahan pada sistem kami. Silahkan coba beberapa saat lagi
Silahkan mengisi alamat email
Silahkan mengisi alamat email dengan benar
Masukkan kode pengaman dengan benar
Silahkan mengisi captcha

VIDEO PILIHAN