Diterpa Isu PHK Massal, Net TV: Kami Tetap Tayang

Penulis: Desy Setyowati

9/8/2019, 22.26 WIB

Net TV melakukan efisiensi, salah satunya dari sisi SDM.

Komisaris Utama Net TV Wishnutama. Net TV bantah kabar PHK massal.
Instagram/@wishnutama
Komisaris Utama Net TV Wishnutama. Net TV bantah kabar PHK massal.

Net Mediatama Televisi (Net TV) menegaskan bahwa perusahaannya tidak melakukan Pemutusan Hubungan Kerja atau PHK massal. Stasiun televisi swasta itu juga memastikan layanannya tetap tersedia.

Chief Operating Officer (COO) Net TV Azuan Syahril menjelaskan, perusahaannya tengah menetapkan strategi baru untuk menghadapi perkembangan industri ke depan. Salah satu caranya, Net TV melakukan efisiensi di beberapa bidang, termasuk Sumber Daya Manusia (SDM).

Karena itu, dia membantah bahwa perusahaannya melakukan PHK besar-besaran. “Isu tersebut tidak benar. Net TV tidak pernah ada rencana PHK massal seperti yang diberitakan,” kata dia kepada Katadata.co.id, Jumat (9/8).

Ia mengatakan, perusahaannya menawarkan kepada karyawan kompensasi jika memutuskan untuk berhenti. “Bagi yang berminat mengundurkan diri, manajemen akan memberikan benefit. Ini sifatnya bukan sepihak. Tapi kesepakatan kedua belah pihak. Jadi bukan paksaan,” katanya.

(Baca: Diterpa Isu PHK, Net TV Masuk Topik Terpopuler di Twitter )

Hal tersebut sudah dilakukan Net TV. Sepengetahuannya, ada banyak pegawai yang memilih untuk mengundurkan diri dan mengambil kompensasi tersebut. “Sudah kami tawarkan. Karyawan merespons positif,” kata dia.

Sejalan dengan hal itu, ia memastikan bahwa perusahaannya tetap menyediakan layanan seperti biasanya. “Banyak warganet yang bertanya, akan bagaimana, Net TV akan tetap tayang,” kata Azuan.

Sejak pagi hari ini, Net TV menjadi topik terpopuler (trending topic) di Twitter Indonesia. Setidaknya, ada 26,8 ribu unggahan yang membahas isu tersebut. Perbincangan di Twitter didominasi kabar tak sedap mengenai PHK massal di Net TV.

Mantan Editor in Chief Beritagar, Wicaksono pun mengomentari kabar PHK di Net TV. “Waduh,” kata dia melalui akun Twitter-nya @ndorokakung, Jumat (9/8). Ia juga menyematkan tautan berita terkait informasi tersebut.

Unggahan Wicaksono itu dikomentari 164 pengguna dan diunggah ulang (retweet) 801 kali. “Ketika ada stasiun televisi berkualitas, malah jatuh,” kata salah seorang warganet lainnya Andit Winanda Putra melalui akun Twitter-nya, @anditwinanda.

Beberapa warganet juga menilai bahwa program yang ditayangkan Net TV cukup bagus. Karena itu, mereka menyayangkan jika operasional stasiun televisi itu bermasalah, “Net TV itu acaranya bagus. Saya bangga saat Net TV mengudara karena programnya mendidik,” kata Andrew Azza Werdna melalui akun Twitter-nya, @andrewawerdna.

(Baca: Kemenaker Siapkan Dua Kartu Baru untuk Lindungi Korban PHK)

Reporter: Desy Setyowati

Anda Belum Menyetujui Syarat & Ketentuan
Email sudah ada dalam sistem kami, silakan coba dengan email yang lainnya.
Alamat email Anda telah terdaftar
Terimakasih Anda Telah Subscribe Newsletter KATADATA
Maaf Telah terjadi kesalahan pada sistem kami. Silahkan coba beberapa saat lagi
Silahkan mengisi alamat email
Silahkan mengisi alamat email dengan benar
Masukkan kode pengaman dengan benar
Silahkan mengisi captcha

Video Pilihan