Kebakaran Hutan, Target Restorasi Gambut Naik 18 Ribu Hektare

Rizky Alika
13 Agustus 2019, 17:51
kebakaran hutan 2019, restorasi gambut, badan restorasi gambut
ANTARA FOTO/Ahmad Rizki Prabu
Tim Maggala Agni memadamkan kebakaran lahan gambut di desa Pulau Semambu, Ogan Ilir, Sumatera Selatan, Selasa (6/8/2019).

Badan Restorasi Gambut menaikkan target restorasi gambut seiring kebakaran hutan dan lahan yang terjadi. Target restorasi naik 18 ribu hektare menjadi 2,67 juta hektare hingga 2020.

Deputi Perencanaan dan Kerja Sama Badan Restorasi Gambut Budi Wardhana mengatakan target terpaksa dinaikkan seiring kebakaran hutan dan lahan pada 2018. Kebakaran juga terjadi imbas pembukaan lahan di wilayah gambut.

Meski kebakaran lebih kecil dari 2015, ada wilayah (gambut) yang tidak terbakar menjadi terbakar," kata dia dalam acara Katadata Forum: Ongkos Kesehatan dari Bencana Kebakaran Hutan dan Gambut, di Jakarta, Selasa (13/8).

Budi optimistis target restorasi dapat tercapai pada 2020 nanti. "Perencanaan restorasinya sudah kami destiminasikan kepada para pemangku di wilayah kerja kami," ujarnya.

(Baca: Restorasi Gambut Kunci Tekan Dampak Kebakaran Hutan)

Sebelumnya, kepada Tim Riset Katadata.co.id, Kepala Badan Restorasi Gambut Nazir Foead mengatakan ekosistem gambut yang terpulihkan dapat kembali menjadi cadangan air untuk kebutuhan pertanian masyarakat, mengurangi risiko kebakaran, dan turut menyumbangkan reduksi emisi gas rumah kaca Indonesia.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...