Agung Podomoro Diburu Waktu Lunasi Tumpukan Utang

Martha Ruth Thertina
15 Agustus 2019, 19:10
Agung Podomoro, peringkat utang Agung Podomoro dari Pefindo
Arief Kamaludin|KATADATA

Pemeringkat Efek Indonesia (Pefindo) menurunkan peringkat utang PT Agung Podomoro Land Tbk menjadi idBBB dengan outlook credit watch. Ini seiring risiko gagal bayar utang di tengah saldo kas perusahaan yang tidak mencukupi dan terbatasnya ruang untuk menarik utang baru.

Mengutip laporan keuangan Agung Podomoro Land per akhir Juni 2019, perusahaan tercatat memiliki kewajiban jangka pendek sebesar Rp 6,18 triliun. Dari jumlah tersebut, kewajiban terbesar berupa uang muka penjualan dan pendapatan diterima di muka, bagian yang direalisasikan dalam satu tahun yaitu sebesar Rp 1,95 triliun.

Advertisement

Kemudian, utang bank jangka panjang yang jatuh tempo dalam setahun sebesar Rp 1,61 triliun, dengan Rp 1,36 triliun jatuh tempo tahun ini. Selanjutnya, utang lain-lain ke pihak ketiga Rp 1,05 triliun dan utang usaha kepada pihak ketiga Rp 737,91 miliar.

(Baca: Agung Podomoro Terancam Gagal Bayar Utang, Pefindo Turunkan Peringkat)

Kewajiban besar lainnya yaitu utang obligasi jangka panjang yang jatuh tempo dalam setahun Rp 549,25 miliar. Dari jumlah tersebut, sebanyak Rp 451 miliar jatuh tempo tahun ini. Dengan triliunan kewajiban yang memburu setahun ini, kas dan setara kas tercatat hanya Rp 666,68 miliar.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement