Suntik Modal Perusahaan Anak Jokowi, Alpha JWC Rajin Beternak Startup

Martha Ruth Thertina
17 Agustus 2019, 13:59
Bisnis anak jokowi. Goola milik Gibran Rakabuming dapat suntikan modal dari Alpha JWC.
Alpha JWC Ventures
Tim Goola dan Alpha JWC Ventures. Goola mendapat tambahan modal Rp 71 miliar dari Alpha JWC Ventures.

Startup minuman tradisional milik Gibran Rakabuming dan Kevin Susanto, Goola, memperoleh pendanaan US$ 5 juta atau sekitar Rp 71 miliar dari modal ventura Alpha JWC Ventures. Lantas, siapakah Alpha JWC?

Alpha JWC (Alpha) merupakan perusahaan modal ventura yang fokus berinvestasi pada perusahaan rintisan (startup) berbasis teknologi di Indonesia. Perusahaan ini didirikan Chandra Tjan bersama Jefrey Joe dan Will Ongkowidjaja pada awal 2015.

Advertisement

Sebelum mendirikan Alpha, Chandra yang sempat berkiprah sebagai bankir selama 10 tahun, merupakan salah satu pendiri modal ventura East Ventures. Sedangkan Jefrey merupakan COO Groupon Indonesia, dan Will adalah pendiri Alterra.

(Baca: Startup Milik Putra Jokowi Dapat Tambahan Modal Rp 71 Miliar)

Perusahaan mulai berinvestasi dengan modal awal US$ 50 juta. Kini, perusahaan juga mengelola pendanaan lainnya sebesar US$ 100 juta. Sebelum menyuntikkan dana ke Goola, Alpha telah masuk ke 30 startup, dua di antaranya sudah dilepas.

Mengutip situs resmi perusahaan, startup yang dimaksud termasuk platform pinjam meminjam Uang Teman, pembiayaan e-commerce Kredivo, jaringan kopi grab n go Kopi Kenangan, platform pembayaran tagihan Alterra, hingga e-commerce di bidang pertanian Tanihub.

Perusahaan juga masuk ke startup dengan pasar yang lebih luas yakni di Asia Tenggara dan global seperti jaringan global work space WeWork, platform pinjam meminjam Modalku, dan e-commerce di bidang mobil bekas Carro.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement