Ini Profil Gibran, Kaesang, dan Dua Politisi Calon Wali Kota Solo

Dwi Hadya Jayani
30 Juli 2019, 07:47
Gibran, Kaesang, bursa wali kota Solo, survei Unisri, Gibran dan Kaesang masuk bursa calon wali kota Solo
ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari
Gibran Rakabuming Raka, putra sulung Presiden Joko Widodo bertemu dengan Agus Harimurti Yudhoyono di Istana Kepresidenan, Jumat (10/8/2018).

Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak yang dilangsungkan pada 2020 ramai diperbincangkan, tak terkecuali dalam kontestasi Pilkada Solo mendatang. Survei yang dirilis Universitas Slamet Riyadi (Unisri) Surakarta menjadi perhatian masyarakat karena menyebut dua putra Presiden Joko Widodo sebagai calon kuat di bursa calon wali kota Solo.

Gibran Rakabuming dan Kaesang Pangarep masuk dalam daftar tersebut. Tak sedikit partai yang bersedia memberikan dukungannya kepada kedua putra Jokowi itu. Partai yang mulai memberikan sinyal adalah Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Partai Demokrat, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) hingga Partai Keadilan Sejahtera (PKS).

Advertisement

“Gibran dan Kesang masuk radar PKS,” kata Sekretaris Bidang Politik Hukum dan Keamanan DPP PKS Suhud Alynudin, seperti dikutip Detik.com, Sabtu (27/7). PKS merupakan salah satu partai yang mengusung Jokowi dalam Pilkada Solo 2010.

Ketua DPC PDIP Solo F.X. Hadi Rudyatmo mempersilakan Gibran menggunakan PDIP sebagai kendaraan politik jika ingin maju sebagai calon wali kota Solo 2020. "Kita (PDIP) dengan siapapun terbuka dan mempersilakan saja, termasuk kepada Mas Gibran. Tapi nanti kami harus melalui proses sesuai mekanisme partai," kata Rudy seperti dikutip Liputan6.com.

Tidak hanya kedua putra Jokowi, dalam survei tersebut juga ada nama-nama lain yang digadang-gadang mulai dari wali kota petahana hingga anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Solo. Dikutip dari berbagai sumber, berikut nama-nama calon wali kota Solo.

1. Gibran Rakabuming Raka

Gibran merupakan putra Solo yang menghabiskan masa kecilnya di kota kelahirannya. Pria kelahiran 1 Oktober 1987 ini setelah lulus SMP melanjutkan pendidikannya di Orchid Park Secondary School, Singapura.

Ia melanjutkan pendidikan tingginya di Singapura, tepatnya di Management Development Institute of Singapore pada 2007. Terakhir, Gibran berkelana ke Sydney, Australia untuk melanjutkan pendidikan di University of Technology Insearch pada 2010.

Tinggal jauh selama delapan tahun dari orang tua membentuk Gibran menjadi pribadi yang mandiri. Meskipun ayahnya merupakan orang penting di tanah air, ia lebih memilih membangun kariernya dari bawah. Sekembalinya ke Indonesia, Gibran merintis usaha kuliner, bukan meneruskan karier di bidang teknologi sebagaimana latar belakang pendidikannya.

Bisnis pertama yang ia geluti adalah katering Chili Pari yang dibuka pada Desember 2010 kemudian ia membuka Kafe Markobar. Selain itu, Gibran juga pemilik Icolor yang memberikan jasa reparasi produk kenamaan Apple. Gibran juga dipercaya menjadi ketua Asosiasi Perusahaan Jasa Boga Indonesia (APJB) Kota Solo.

Gibran dalam survei Unisri menjadi kandidat terkuat dari indikator popularitas, yaitu sebesar 90%. Selain itu, Gibran juga menempati posisi kedua di indikator akseptabilitas sebesar 61% dan indikator elektabilitas sebesar 13%.

Menanggapi hasil survei tersebut, Gibran mengapresiasi masyarakat Solo yang telah memberikannya penilaian positif untuknya. Ia mengatakan bahwa aktivitasnya sehari-hari, terutama di media sosial masih berpusat di bisnisnya. Namun jika pendaftaran Pilwalkot Solo 2020 telah dibuka, ia meminta masyarakat mengingatkannya. “Kalau pendaftarannya sudah dibuka, teman-teman kasih tahu saya,” ucapnya.

(Baca: Gibran dan Kaesang Jadi Tokoh Terpopuler di Survei Pilkada Surakarta)

2. Kaesang Pangarep

Putra bungsu Jokowi ini juga merupakan kandidat kuat dalam survei bursa calon wali kota Solo 2020. Kaesang menempati posisi ketiga dalam hal popularitas sebesar 86%. Sebagaimana kakaknya, Kaesang juga lahir dan besar di Solo.

Ia melanjutkan pendidikan SMA di program International Baccalaureat, Anglo-Chinese School International, Singapura. Di negara yang sama, Kaesang melanjutkan kuliahnya di Singapore Institute of Management University.

Halaman:
Reporter: Dwi Hadya Jayani
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement