HUT RI, BRI Ajak 5.000 Peserta Jalan Sehat di Papua

Image title
Oleh Tim Publikasi Katadata - Tim Publikasi Katadata
18 Agustus 2019, 12:46
BRI
Katadata
Peserta jalan sehat mengikuti pemeriksaan gratis pada perangkaian perayaaan HUT ke-74 RI yang diadakan oleh Bank BRI di Jayapura, Papua, Sabtu (17/8)

JAYAPURA –Memperingati Kemerdekaan ke-74 Republik Indonesia, PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk menggelar beragam kegiatan di Jayapura, Papua pada Sabtu (17/8). Mengusung semangat BUMN Hadir untuk Negeri, Bank BRI mengawali rangkaian kegiatan dengan Upacara Bendera di Kantor Wilayah BRI Jayapura.

Usai upacara, Bank BRI menggelar jalan sehat gratis bertajuk Langkah Maju untuk Negeri yang diikuti oleh 5.000 orang di lapangan kantor Gubernur Provinsi Papua. Hadir dalam acara tersebut Direktur Mikro dan Kecil Bank BRI Priyastomo, serta Asisten Deputi Data dan Teknologi Informasi Kementerian BUMN Yuni Suryanto.

“Besar harapan kami bahwa dengan berbagai kegiatan yang diselenggarakan oleh perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) di berbagai wilayah, eksistensi BUMN semakin dirasakan manfaatnya bagi masyarakat,” ungkap Priyastomo. Priyastomo berharap BRI tidak hanya berperan sebagai penggerak ekonomi semata, namun memiliki dampak sosial lebih besar dalam peningkatan kesejahteraan dan pemberantasan kemiskinan.

BRI
BRI (Katadata) 

Selepas jalan sehat, masyarakat menikmati kuliner gratis sembari melihat bazar pameran UMKM dan berkesempatan memperebutkan hadiah doorprize senilai ratusan juta rupiah, serta menyaksikan panggung hiburan. Berbagai lomba agustusan digelar, di antaranya balap bakiak, tarik tambang, balap karung, rias muka, dan kempit balon.

Dalam rangkaian kegiatan ini Bank BRI memberikan bantuan Corporate Social Responsibility (CSR) berupa pemeriksaan kesehatan gratis. Ada juga gerakan Jemari untuk Negeri, yakni setiap peserta jalan sehat melakukan cap tangan di tembok donasi saat mereka sampai di garis finish. Setiap cap tangan dihargai senilai Rp 60.000. “Dengan antusias sebanyak 5.000 peserta kalau dihitung nilai donasi bisa mencapai Rp 300 juta. Donasi akan kami serahkan kepada Sekolah Luar Biasa (SLB) yang ada di Provinsi Papua,” imbuh Priyastomo.

Sebelumnya, Bank BRI bersama dengan Yodya Karya ambil bagian dalam Program Siswa Mengenal Nusantara (SMN) telah melepas 29 siswa siswa berprestasi dari Provinsi Papua ke Sulawesi Selatan pada Kamis (15/8). Sementara 27 siswa dari Provinsi Sulawesi Selatan juga tiba di Papua. Program SMN yang diinisiasi oleh Kementerian BUMN bertujuan mengenalkan siswa pada keragaman budaya dan kekayaan alam, serta memupuk rasa nasionalisme para pelajar.

BRI
BRI (Katadata)

Priyastomo menjelaskan, pada HUT ke-74 RI tahun ini, Bank BRI ditunjuk sebagai BUMN koordinator program BUMN Hadir untuk Negeri di wilayah Papua bersama dengan Yodya Karya. Sejak program ini diluncurkan pada 2015, Bank BRI secara aktif menyelenggarakan acara di berbagai wilayah sebagai upaya merekatkan rasa kebangsaan dan persatuan di seluruh re negeri. Mulai 2015 di Sulawesi Selatan, 2016 di Papua, 2017 di Jawa Timur, 2018 di Sulawesi Barat, dan tahun ini kembali di Papua.

Bank BRI juga telah menyalurkan bantuan CSR BRI Peduli kepada masyarakat di wilayah Papua dan sekitarnya. Bantuan tersebut berupa elektrifikasi rumah warga, pembuatan Mandi Cuci Kakus (MCK), penyediaan sarana air bersih, bedah rumah masyarakat, pasar murah, pemberian beasiswa kepada siswa berprestasi, padat karya tunai dan pengobatan gratis. Selain itu dalam peringatan Bulan Ramadan lalu Bank BRI memberikan bantuan sarana ibadah, bantuan Al-Quran, santunan anak yatim. Pada akhir tahun BRI berencana menggelar kebaktian dan perayaan natal serta bantuan untuk panti asuhan.

Hingga Juli 2019, Bank BRI telah menganggarkan sebesar Rp 130 miliar untuk tujuh sektor yakni Bantuan Sosial Pengentasan Kemiskinan, Bencana Alam, Kesehatan, Pendidikan, Sarana Ibadah, Sarana Umum.

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...