Amien Rais Sebut PAN Akan Jadi Oposisi Jokowi-Ma'ruf

Ameidyo Daud Nasution
23 Agustus 2019, 18:03
PAN, Oposisi, Amien Rais
ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga
Ketua Dewan Kehormatan PAN Amien Rais memberikan sambutan saat menghadiri perayaan HUT ke-21 PAN di Pluit, Jakarta, Jumat (23/8/2019). Acara peringatan ulang tahun yang diadakan di kolong tol Pejagalan, Pluit, Jakarta Utara itu mengangkat tema "'Bergerak Serempak Membangun Negeri".

Partai Amanat Nasional (PAN) bakal menjadi oposisi atau berada di luar pemerintahan Joko Widodo (Jokowi)-Ma’ruf Amin. Hal ini dikatakan langsung oleh Ketua Dewan Kehormatan PAN Amies Rais dalam perayaan ulang tahun ke-21 PAN, Jakarta, Jumat (23/8).

PAN sebelumnya santer diisukan bergabung dengan pemerintahan Jokowi-Ma’ruf 2019-2024. Namun Amien diberitahu oleh Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan soal posisi PAN lima tahun mendatang sebagai oposisi.

“Saya dibisiki Ketua Umum bahwa PAN tidak ikut kabinet yang akan datang,” kata Amien.

(Baca: Sinyal Jokowi Tak Ingin Tambah Partai Koalisi di Kabinet Baru)

Amien menyambut baik lantaran PAN dapat menjalankan fungsi kontrol dan masukan apabila kebijakan pemerintah keliru. “Sikap ini jelas dan melegakan,” ujar Amien.

Zulkifli Hasan mengatakan saat ini koalisi pemerintahan sudah kuat dalam memberi dukungan politik. Selain itu dia beralasan banyak kader PAN menginginkan partai berlambang matahari itu berada di luar pemerintahan.

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...