Bidik Bisnis Panel Surya Atap, ITMG Bakal Investasi Rp 3,6 Triliun

Image title
27 Agustus 2019, 19:15
indo tambangraya, itmg, panel surya atap
ANTARA FOTO/ADITYA PRADANA PUTRA
Ilustrasi petugas melakukan perawatan panel surya di atap gedung. Indo Tambangraya Megah akan berinvestasi sebesar Rp 3,6 triliun untuk mengembangkan bisnis panel surya atap.

PT Indo Tambangraya Megah Tbk (ITMG) berencana mendiversifikasikan bisnisnya ke energi baru terbarukan, salah satunya bisnis panel surya atap atau solar photovoltaic (PV). Rencananya untuk tahap awal perusahaan akan mengembangkan solar PV dengan total kapasitas sebesar 150 megawatt (MW).

Direktur ITMG Yulius Gozali mengatakan pengembangan solar PV akan dilakukan diluar Pulau Jawa, khususnya di bagian timur Indonesia. Adapun untuk nilai investasinya dibutuhkan lebih dari US$ 250 juta atau sekitar Rp 3,55 triliun (kurs Rp 14.200 per dolar AS). "Kami akan cari mitra, tapi lagi dikaji," ujarnya, saat ditemui di Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Selasa (27/8).

Total nilai investasi tersebut 70-80% pembiyaannya bisa berasal dari pinjaman perbankan. Menurutnya, untuk mencapai tahap final pendanaan atau financial closing, ITMG harus menyelesaikan studi kelayakan (feasibility study), dan penetapan mitra terlebih dahulu.

Yulius mengatakan bahwa perusahaan bisa mendapatkan pendanaan dari perbankan swasta di Indonesia, seperti Standard Chartered dan HSBC, asalkan dengan bunga yang kompetitif. "Karena untuk mendapatkan pinjaman ada tahapannya. Mereka juga akan lihat potensi bisnisnya," kata Yulius.

(Baca: Biaya Penambangan Naik, Laba Bersih Indo Tambangraya Anjlok 31%)

Halaman:
Reporter: Fariha Sulmaihati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...