Meski Bahan Lengkap, KPPU Tunda Sidang Kartel Pesawat Bulan Depan

Cindy Mutia Annur
27 Agustus 2019, 08:16
KPPU, kartel tiket pesawat, sidang kartel tiket pesawat
ANTARA FOTO/INDRIANTO EKO SUWARSO
Penumpang turun dari pesawat komersial di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Denpasar, Bali, Kamis (27/6/2019). KPPU baru gelar sidang dugaan kartel harga tiket pesawat bulan September mendatang.

Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) menunda sidang kasus dugaan kartel tiket pesawat terbang. Meskipun, seluruh mekanisme dan bahan persidangan untuk kasus tersebut sudah siap.

Juru Bicara sekaligus Anggota Komisioner KPPU Guntur Syahputra Saragih mengatakan, sidang belum dilakukan karena formasi majelis persidangan belum lengkap. Ketua Majelis Persidangan yang juga Ketua KPPU Kurnia Toha tengah melaksanakan ibadah haji di Tanah Suci.

"Mudah-mudahan bulan sembilan sudah siap," ujar Guntur di Jakarta, Senin (26/8).

Sebelumnya, KPPU menilai ada dugaan pelanggaran persaingan usaha dari kerja sama operasional yang dilakukan oleh Garuda Indonesia dan Sriwijaya. Salah satunya karena KPPU menemukan bukti permulaan berupa rangkap jabatan jajaran direksi Garuda di Sriwijaya.

(Baca: Empat Faktor yang Dituding Jadi Penyebab Mahalnya Tiket Pesawat)

Rangkap jabatan ini dilakukan oleh Direktur Utama Garuda I Gusti Ngurah Askhara Danadiputra dengan menduduki kursi Komisaris Utama Sriwijaya Air. Rangkap jabatan tersebut bermula saat Garuda melalui anak usahanya Citilink Indonesia mengambil alih pengelolaan operasional Sriwijaya Air dan entitas anaknya, Nam Air.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...