Harga Minyak Dunia Berbalik Turun Setelah Tiga Hari Naik

Image title
30 Agustus 2019, 09:37
Harga Minyak, Perang Dagang, Badai.
Katadata
Ilustrasi kilang minyak. Harga minyak perdagangan Jumat (30/8) turun setelah tiga hari bertahan positif.

Harga minyak melemah pada perdagangan Jumat, 30 Agustus 2019, setelah naik selama tiga hari. Pelemahan masih dipicu kekhawatiran tentang melambatnya ekonomi global di tengah perang dagang Amerika Serikat (AS) - Tiongkok.

Dilansir dari Reuters, harga minyak AS (West Texas Intermediate) turun 0,1%, menjadi US$ 56,65 per barel. Sedangkan harga minyak mentah Brent anjlok 0,2% ke angka US$ 60,98 per barel.

Advertisement

Padahal, potensi datangnya Badai Dorian dan penurunan stok minyak AS membawa harga sempat naik. Namun, ketakutan pasar mengenai kondisi ekonomi global menahan harga minyak.

Kementerian Perdagangan Tiongkok kemarin mengatakan AS dan Tiongkok sedang merencanakan perundingan tatap muka pada September mendatang. Tetapi Negeri Panda itu bergantung pada AS apakah mampu menciptakan kondisi yang menguntungkan dua negara atau tidak.

"Yang paling penting pada momen ini (AS-Tiongkok) membangun kondisi yang nyaman untuk melanjutkan perundingan," ujar Juru Bicara Kementerian Perdagangan Tiongkok Gao Feng, Kamis (29/8) lalu dilansir dari Reuters.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement