Tegalluar, Calon Ibu Kota Baru Jabar yang Terhubung Kereta Cepat

Hari Widowati
30 Agustus 2019, 08:13
Pekerja menggunakan alat berat guna menyelesaikan konstruksi jalur kereta api pada proyek pembangunan Stasiun Kereta Cepat Jakarta-Bandung di Tegalluar, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Senin (22/7/2019). Pemerintah Provinsi Jawa Barat berencana membuat jal
ANTARA FOTO/RAISAN AL FARISI
Pekerja menggunakan alat berat guna menyelesaikan konstruksi jalur kereta api pada proyek pembangunan Stasiun Kereta Cepat Jakarta-Bandung di Tegalluar, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Senin (22/7/2019). Tegalluar menjadi salah satu calon ibu kota baru Provinsi Jabar.

Langkah pemerintah memindahkan ibu kota negara dari DKI Jakarta ke Kalimantan Timur akan diikuti oleh Provinsi Jawa Barat. Gagasan tersebut disampaikan oleh Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Kamis (29/8).

Ia beralasan, Kota Bandung sudah tidak cocok lagi menjadi pusat pemerintahan lantaran macet. Selain itu, kantor pemerintahan terpisah-pisah. Hal ini menyebabkan gubernur sulit mengumpulkan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD).

Usulan mengenai pemindahan ibu kota Jabar itu akan diatur dalam revisi Peraturan Daerah tentang Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) Jabar 2009-2029. "Kami sudah masukkan penataan jalur transportasi," kata Emil, panggilan akrab Ridwan Kamil.

Salah satu calon ibu kota baru Jabar adalah Desa Tegalluar, Kabupaten Bandung. Desa ini memiliki luas wilayah 736 hektare (ha) dengan jumlah penduduk 14 ribu jiwa. Di sebelah utara, Desa Tegalluar berbatasan dengan Tol Padalarang-Cileunyi dan Kota Bandung.

Di sebelah timur, desa ini berbatasan dengan Desa Sukamanah, Kecamatan Rancaekek dan Desa Bojongemas, Kecamatan Solokan Jeruk. Di sebelah selatan, desa ini berbatasan dengan Desa Sumbersari, Kecamatan Ciparay dan Desa Bojongemas, Kecamatan Solokan Jeruk. Adapun di bagian barat berbatasan dengan Desa Buah Batu, Kecamatan Bojongsoang.

(Baca: Ridwan Kamil Siapkan Tiga Lokasi Calon Ibu Kota Baru Jawa Barat)

Stasiun Tegalluar akan Didesain oleh Ridwan Kamil

Di Desa Tegalluar tengah dibangun Stasiun Tegalluar yang merupakan stasiun akhir dari jalur kereta cepat (high speed rail) Jakarta-Bandung. Ridwan Kamil, yang juga seorang arsitek, berencana mendesain sendiri bangunan Stasiun Tegalluar. Stasiun tersebut akan berada di samping Masjid Agung Al Jabbar, Provinsi Jawa Barat.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...