90% Layanan Telepon di Jayapura Sudah Normal, Internet Masih Diblokir

Dimas Jarot Bayu
31 Agustus 2019, 15:53
papua, kerusuhan di papua
ANTARA FOTO/Indrayadi TH
Ilustrasi kerusuhan di Papua.Telkomsel menyebut 90% layanan telepon dan sms di Jayapura sudah kembali normal. Namun, internet masih diblokir sesuai arahan pemerintah.

PT Telekomunikasi Selular (Telkomsel) menyebut 90% layanan telepon dan SMS atau pesan singkat di Jayapura, Papua telah beroperasi normal. Gangguan telekomunikasi sempat terjadi karena gedung pelayanan pelanggan Telkom di Koti, Jayapura terbakar, kemarin (29/8).

“Pemulihan layanan telepon dan SMS terus dioptimalkan guna memastikan percepatan kenyamanan berkomunikasi pelanggan di kota Jayapura,” kata VP Corporate Communications Telkomsel, Denny Abidin dalam keterangan resminya, Sabtu (31/8).

Advertisement

Meski demikian, Denny mengatakan gedung pelayanan pelanggan Telkomsel (GraPARI) di Jayapura belum dapat beroperasi. Pelanggan, lanjutnya, dapat memanfaatkan layanan call center di nomor 188.

Telkomsel, menurut dia, saat ini  tengah berupaya mengambil tindakan preventif melakukan pengamanan aset serta fasilitas pendukung alat produksi. Hal tersebut dilakukan berkoordinasi dengan pemerintah daerah, Kepolisian, TNI, dan Kemenkominfo.

(Baca: Telkomsel: Layanan Telepon dan SMS di Papua Berangsur Pulih)

Selain itu, pihaknya juga  berupaya memastikan keselamatan dan keamanan karyawan mereka yang bertugas di seluruh wilayah Papua. “Telkomsel juga tetap menyiagakan tim/petugas serta berkoordinasi dengan Posko Krisis Telkom Group untuk memastikan layanan telekomunikasi bisa segera dinikmati secara keseluruhan,” kata Denny.

Terkait dengan layanan data telekomunikasi di Papua dan Papua Barat, Denny mengatakan pihaknya masih terus melakukan pemblokiran. Ini dilakukan mengacu pada perintah Kemenkominfo melalui Siaran pers No. 159/HM/KOMINFO/08/2019 tertanggal 23 Agustus 2019.

Halaman:
Editor: Agustiyanti
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement