Tantangan Berat Jokowi, Pemilihan Capim KPK dan Kerusuhan Papua

Image title
1 September 2019, 19:12
papua, kpk, jokowi, pemilihan capim kpk, kerusuhan di papua
ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay.
Presiden terpilih periode 2019-2024 Joko Widodo memberikan keterangan usai pertemuan dengan Tim Kampanye Nasional (TKN) di Jakarta, Jumat (26/7/2019). Polemik seputar pemilihan capim KPK serta konflik di Papua berpotensi mempengaruhi dukungan terhadap pemerintahan Jokowi di periode kedua dia memimpin.

Pemilihan Calon Pimpinan (capim) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) hingga kini masih menuai polemik. Hal tersebut menjadi tantangan tersendiri bagi kepemimpinan Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang akan datang jika pemilihan capim KPK bermasalah.

Direktur Lingkar Madani Indonesia Ray Rangkuti mengatakan, jika pemilihan calon pimpinan KPK nantinya bermasalah, dukungan terhadap Jokowi turut terpengaruh. Saat ini tantangan yang harus dihadapi Presiden Joko Widodo sangat kompleks.

Advertisement

Selain soal pemilihan capim KPK yang diduga sarat kepentingan, isu-isu lain turut mengikuti kepemimpinan Jokowi seperti isu rasial dan malasah Papua yang saat ini masih berlangsung. "Saya kira ini sangat berat, beliau dihantam isu rasial dan yang kedua isu Papua," ujarnya saat diskusi bersama awak media di Jakarta, Minggu (1/9).

(Baca: Pengamat: Masuknya Jaksa dan Polisi Jadi Pimpinan akan Lemahkan KPK)

Di samping itu menurutnya, kerusuhan yang telah terjadi di Papua terlihat seperti menghiraukan arah himbauan Presiden Jokowi. Hal ini menandakan dukungan dari masyarakat hanya berhenti pada 17 April lalu. "Kerusuhan di Papua itu seperti menghiraukan himbauan Jokowi, jadi 17 itu berhenti (dukungannya)," ujarnya.

Halaman:
Reporter: Verda Nano Setiawan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement