Daftar 10 Nama Capim KPK yang Disetor ke Jokowi

Ameidyo Daud Nasution
2 September 2019, 18:23
Jokowi, KPK, Seleksi Capim KPK.
ANTARA FOTO/AKBAR NUGROHO GUMAY
Ketua Pansel KPK Yenti Ganarsih (tengah). Pansel hari Senin (2/9) menyerahkan nama 10 capim KPK ke Presiden Joko Widodo.

Panitia seleksi (pansel) calon pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Senin (2/9) menyerahkan 10 nama calon komisioner KPK 2019-2023 kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi). Dalam nama yang disetor, terdapat nama satu-satunya Komisioner KPK 2014-2019 yang lolos yakni Alexander Marwata.

Selain itu, ada satu orang polisi yang lolos dari seleksi yakni Kapolda Sumatera Selatan Irjen Firli Bahuri. Sisanya adalah satu orang auditor, dua dosen, satu advokat, satu jaksa, satu hakim, dan dua Aparatur Sipil Negara (ASN).

Jokowi juga telah meminta agar nama-nama yang lolos sudah mendapat catatan baik dari masyarakat. Apalagi saat ini merupakan era keterbukaan di mana semua orang bisa mengetahui rekam jejak masing-masing calon.

“Saya minta masukan baik dari masyarakat dan tokoh bisa dijadikan catatan dalam mengoreksi yang dikerjakan pansel,” ujar Jokowi saat menerima pansel capim KPK di Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (2/9).

(Baca: Jokowi Masih Bisa Pertimbangkan Kembali Nama-nama Calon Pimpinan KPK)

Ia juga memastikan calon yang akan dikirim untuk mengikuti uji kepatutan di Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI merupakan nama yang laik. “Sebuah proses panjang telah dilalui,” kata Jokowi.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...