Data Ekonomi Tiongkok Bagus, Harga Minyak Terkerek Hingga 4%

Image title
5 September 2019, 08:27
harga minyak
KATADATA
Ilustrasi, kilang minyak. Harga minyak kembali naik setelah keluarnya data bisnis jasa Tiongkok yang naik dalam tiga bulan terakhir pada Agustus 2019.

Harga minyak naik lebih dari 4% pada perdagangan Kamis (5/9) pagi karena data ekonomi Tiongkok yang positif. Harga minyak kembali melambung setelah tiga hari berturut-turut terus melemah akibat tekanan ekonomi global.

Mengutip Reuters, harga minyak mentah berjangka Brent naik US$ 2,44, atau 4,2%, menjadi US$ 60,70 per barel. Sementara minyak mentah berjangka West Texas Intermediate (WTI) AS naik US$ 2,32, atau 4,3%, menjadi US$ 56,26. Harga minyak WTI mencatatkan kenaikan terbesar harian sejak 10 Juli 2019.

Advertisement

Dalam sebuah survei yang dilakukan oleh perusahaan swasta, aktivitas bisnis di sektor jasa Tiongkok berkembang dengan cepat dalam tiga bulan terakhir pada Agustus 2019. Hal tersebut mendorong kenaikan perekrutan karyawan terbesar dalam setahun terakhir.

Ekonomi Tiongkok yang kembali menggeliat membawa senntimen positif bagi permintaan minyak mentah dunia. Apalagi Tiongkok adalah konsumen minyak terbesar kedua dan importir terbesar di dunia. 

(Baca: Trump Ingin Balas Lagi Tiongkok dengan Menggandakan Tarif)

Halaman:
Reporter: Verda Nano Setiawan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement